Lompat ke isi

Pengguna:Rini astika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Hormat Kepada Orang Tua

1. Orang Tua Kandung "Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang diantara keduanya atau kedua duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah engkau membentak keduanya perkataan yang baik" (Qs. Al-Isra:32).

Mengapa Allah Swt.memerintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada orang tua? Ada beberapa alasan yaitu :
▪ Orang tua telah mencurahkan seluruh kasih sayangnya kepada anak-anaknya agar mereka menjadi anak yang sehat secara jasmani dan menjadi anak yang saleh dan salehah serta terhindar dari jalan yang sesat.
▪ Kasih sayang orangtua tiada taranya, karena beliau tidak mengenal lelah dan berausah payah memperhatikan anak-anaknya supaya menjadi.anak yang bahagia.
▪ Anak-anak adalah belahan jiwa ibu bapak. Terutama ibu, biasanya ibu tidak akan makan sebelum anaknya makan, ibu tidak akan tidur sebelum anak-anaknya tidur (Seperti yang kurasakan selama ini, ibu tidak akan tidur selama aku belum pulang kerja saat shift siang.. terimakasih ibu 😘)dan jika  anak sakit maka ibu yang paling susah sehingga beliau tidak bisa tidur dan tidak enak makan.

° Prinsip-prinsip dasar berbakti kepada kedua orang tua :

 ▪Hendaklah kita selalu tunduk dan patuh kepada kedua orangtua dalam segala hal yang baik-baik. Apabila keduanya berada dalam kekafiran (belum beragama islam) dan keduanya memerintahkan untuk keluar dari agama islam, atau memerintahkan sesuatu perbuatan syirik, kita wajib tidak mengikuti keduanya. Tetapi penolakan itu harus dengan cara halus. Agar tidak menyakiti keduanya. Seperti dijelaskan dalam (Qs.Luqman:14-15).
 ▪Kita dilarang berkata kasar, membentak misalnya bwrkata hus/ah dan kata-kata sejenisnya yang termasuk ungkapan yang tidak baik. Seperti dijelaskan dalam (Qs.Al-Isra:23).
 ▪Apabila orangtua atau salah satunya mencapai usia lanjut kita harus berbuat baik kepadanya, sebagaimana orangtua merawat kita pada saat kita masih kecil. Dalam firman-Nya Qs.Al-Isra:240.
▪Selalu berusaha menyenangkan hati orangtua dan mwghindari hal-hal yang menyusahkan hati kedua orangtua selama tidak bertentangan dengan kewajiban kepada Allah dan Rasul yang fardhu 'ain.
 ▪Senantiasa mendoakan, baik kepada orangtua yang masih hidup maupun yang sudah wafat.


2. Orang tua di sekolah (Guru)

     Disamping kita berkewajiban berbakti kepada orang tua, kita juga berkewajiban bersikap hormat dan patuh kepada guru. Kenapa kita harus patuh kepada Bapak/Ibu guru?. Jasa guru sangat besar sekali bagi murid dan masyarakat, bahkan bagi kemajuan bangsa dan negara. KIta tidak akan pintar tanpa bimbingan seorang guru.
Lebih dari itu tugas guru tidak hanya memberikan pelajaran dalam berbagai ilmu pengetahuan kepada muridnya, tetapi juga bertugas mendidik mereka, agar menjadi manusia yang baik yang sehat jasmani dan rohani. Dan kelak di harapkan agar mereka menjadi warga negara yang baik, luhur budinya, cinta kepada tanah air dan bangsanya.

Berikut yang termasuk tatakrama menghargai dan menghormati guru ialah :
a. Jika bertemu dengan guru ucapkanlah salam
b. Perhatikan ketika guru sedang memberi pelajaran
c. Tunjukan rasa rendah hati dan hormat serta sopan santun
d. Mentaati perintahnya selama perintah itu tidak bertentangan dengan ajaran agama
e. Senantiasa menjaga nama baik guru, tidak menceritakan aib dan kesalahan guru kepada  siapapun
f. Mengunjungi guru jika ia sedang sakit atau mendapat musibah
g. Tetap mengakuinya sebagai guru walaupun sudah tidak mengajar lagi
h. Patuh terhadap tata tertib sekolah berarti berarti pula patuh terhadap guru dan sebagainya.


 Selain 2 orang tua yang harus kita hargai dan hormati diatas, kuta juga punya 1 orang lagi yang harus kita hormati kelak yakni "Mertua "(Orangtua dari suami kita) 😊

3. Mertua (Orang tua suami)

   Setelah orang tua kandung, orang tua kita disekolah, yang terakhir yang harus dihormati dan dihargai sebagai orang tua adalah mertua (orang tua suami kita).
Jika kita sayang, cinta kepada anaknya (suami kita). Kita juga harus cinta dan sayang kepada keluarganya (mertua). Jngan hanya mau anaknya saja..😂..

Kita juga harus berterimakasih kepada mereka telah merawat, mendidik, mengasuh serta membesarka anaknya (suami) hingga jadi seorang imam bagi istrinya. Klau tidak ada ibu dan bapaknya tidak mungkin ada anaknya (suami).

Jadi berterimakasihlah kepada ketiga orangtua kita. 
~ Orang tua kandung (yang telah emlahirkan kita, merawat, mendidik serta membesarkan kita hingga jadi dewasa). Orang tua kandung juga bukan hanya memberikan kasih sayang agar tumbuh sehat secara jasmani saja, melainkan orang tua kandunglah yang lebih berperan penting . Dia juga memberikan ilmu rohaniah dengan menitipkan dirimu ke guru-guru ngaji, atau bahkan bapaknya sendiri yang mengajarkannya.

~ Orang tua disekolah (Guru), Yang telah memberikan ilmunya kepada kita. Dengan itu kita harus hormat patuh kepadanya. 

~ Mertua, Orang tua ini juga harus dihargai dan dihormati kelak anaknya menjadi suami kita 😊.


Terimakasih 
   RA18