Lompat ke isi

Pengguna:Rikiyusuf

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Indekode adalah situs yang membahas tentang teknologi terkini. Semua informasi di situs web indekode.com – diterbitkan dengan itikad baik dan hanya untuk tujuan informasi umum. indekode.com tidak memberikan jaminan apa pun tentang kelengkapan, keandalan, dan keakuratan informasi ini. Segala tindakan yang Anda ambil atas informasi yang Anda temukan di situs web ini (indekode.com), sepenuhnya merupakan risiko Anda sendiri. indekode.com tidak akan bertanggung jawab atas segala kerugian dan/atau kerusakan sehubungan dengan penggunaan situs web kami.

Sejarah panjang blog berawal dari pembuatan laman pribadi oleh Justin Hall pada tahun 1994 hingga lahirnya WordPress dan akuisisi Blogger oleh Google pada tahun 2003.Blog mulai dikenalkan di Indonesia oleh Enda Nasution yang juga disebut sebagai Bapak Blogger Indonesia. Julukan tersebut bukan tanpa alasan. Enda tercatat sebagai blogger pertama di Indonesia dan mengenalkan blog kepada masyarakat Indonesia melalui artikel berjudul “Apa itu Blog” pada tahun 2001.

Pada 27 Oktober 2007, Enda bersama beberapa blogger nasional lain mengadakan Pesta Blogger yang juga diprakarsai oleh perusahaan konsultan komunikasi, Maverick. Acara ini bertujuan menjadi ajang berkumpulnya para blogger Indonesia untuk berdiskusi dan bertukar pikiran mengenai blog.

Pesta Blogger inilah yang menjadi cikal bakal Hari Blogger Nasional. Menteri Komunikasi dan Informasi, Muhammad Nuh, yang saat itu memberikan sambutan pembukaan berinisiatif menyebut 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional.

Pada tahun 2015, Antara melaporkan terdapat 3,5 persen blogger dari 88,1 juta pengguna internet di Indonesia atau sekitar 3 juta blogger. Angka ini termasuk kecil, mengingat penduduk Indonesia yang berjumlah lebih dari 200 juta orang.