Lompat ke isi

Pengguna:Meiby Zulfikar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Teori penggunaan dan Efek[sunting | sunting sumber]

Menurut (sendjaja, 2002:5.41) Teori Uses & Effect (penggunaan & efek) pertama kali dikemukakan oleh Sven Windhal(1979), merupakan sintesis antara pendekatan user & gratification dan teori tradisional mengenai efek konsep ‘use’(penggunaan) merupakan bagian yang sangat penting atau pokok dari pemikiran ini karena pengetahuan mengenai pennggunaan media yang menyebabnya,akan memberikan jalan bagi pemahaman & perkiraan tentang hasil dari suatu proses komunikasi massa. Penggunaan media massa dapat memiliki banyak arti. Ini dapat berarti exposure (pembukaan ) yang semata-mata menunjuk pada tindakan mempersepsi. Dalam konteks lain,[engertian tersebut dapat menjadi suatu proses yang lebih kompleks, dimana isi terkait harapam-harapan tertentu untuk dapat dipenuhi, focus dari teori ini lebih pada pengertian yang kedua .

Teori Uses & Effect ini merupakan teori lanjutan dari Teori sebelum nya yaitu Uses & Gratification Teori penggunaan dan pemenuhan kepuasan .

Referensi[sunting | sunting sumber]

Bungin, Burhan.2011. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, Dan Diskursus .Teknologi Komunikasi Di Masyarakat, Edisi Pertama Cetakan Kelima. Jakarta : Kencana

?
(Hubungi saya!) Meiby Zulfikar
dari Kota Serang

Sedang melakukan Study di UNSERA