Lompat ke isi

Pengguna:Khairul Anhar Harahap SH

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Khairul Anhar Harahap, atau yang lebih sering dipanggil Irul lahir di Kisaran, Asahan, Sumatera Utara pada tanggal 23 Maret 1986 dari pasangan Drs.H. Amir Husin Harahap dan Hj. Syarifah Tanjung.

Khairul adalah anak ke 2 dari 4 bersaudara yang dikenal sejak kecil telah memiliki kecerdasan, akhlak yang baik dan taat menjalankan syariat agama Islam yang dianutnya. Selain kegiatan mengaji dan shalat yang selalu ia kerjakan, Khairul juga sangat giat dan bermain terkadang juga nakal layaknya remaja lainnya.

Masa kecil hingga remaja Khairul dihabiskan di tanah kelahirannya, kota Kisaran bersama dengan ke 4 orang saudaranya, Wahyuni Harahap, Uswatun Hasanah Harahap dan Fitrah Hayati Harahap. Irul juga merupakan pribadi yang sangat tegas dalam berpendirian.

Di Kisaran Khairul menempuh pendidikan di SD Negeri 010089 berlanjut ke SMP Negeri 6 Kisaran. Sejak duduk dibangku sekolah, Irul sangat dikenal sebagai anak yang ramah dan pandai bergaul. Irul menjadi sosok yang sangat disenangi teman-temannya. Sikap dewasanya daripada teman-teman seusianya membuat Irul sangat menonjol. Beliau benar-benar jadi sosok panutan dan pemimpin. Dirinya selalu menjadi pendamai rekan-rekannya yang berselisih. Dikarenakan hal tersebut membuatnya selalu terpilih menjadi ketua kelas. Tahun 2004 Irul berhasil menamatkan sekolah menengah nya di SMK Nasional Kisaran Jurusan Mesin Otomotif lalu beliau melanjutkan pendidikan di Univesitas Islam Sumatera Utara (UISU) jurusan Fakultas Ilmu Sosial Politik.

Waktu kuliah Khairul banyak aktif di dunia gerakan kemahasiswaan. Beliau sempat menyuarakan kepentingan di Hari Tani Nasional.

Namun, Pepatah "Hujan Emas Di Negeri Orang dan "Tempat Jatuh Lagi Dikenang Konon Pula Tempat Bermain". Rasanya pas menggambarkan keputusan irul untuk pulang ke kampung halaman. Satu tahun di Medan irul kemudian melanjutkan pendidikan di Universitas Asahan (UNA) Kisaran dan berhasil mendapat gelar Sarjana Hukum tahun 2012.

Setelah berada di Kisaran, Khairul seperti menemukan jati diri yang sesungguhnya. Ia bisa berjuang untuk tanah kelahirannya. Pergerakan sosial telah dicatatkan pemuda ini dalam riwayatnya. Dimulai dari Aksi didepan Istana Negara Jakarta menolak Kenaikan BBM dan Indonesia Darurat Korupsi di masa kepresidenan SBY, Unras didepan Kantor Bupati Asahan, Aksi Penurunan Bendera Setengah Tiang terkait Asahan Darurat Korupsi di Era Bupati Risuddin, hingga Aksi Jahit Mulut di Makam Pahlawan Kisaran, dan gerakan gerakan social kontrol lainnya layaknya Parlemen Jalanan mengabdi sekaligus berproses.

Berbagai kegiatan organisasi kemahasiswaan dan kepemudaan juga di ikutinya. Kurun waktu yang terasa singkat bagi orang, namun tidak baginya. Seperti air mengalir satu dekade lebih Khairul terus mendapat kepercayaan untuk menjabat, memimpin, dipilih di berbagai organisasi di Asahan dan Tanjungbalai. Dimulai dari kiprahnya Perkaderan LK I Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Asahan, Pengurus DPP Ikatan Senat Mahasiswa Hukum Indonesia (ISMAH) Departemen Hubungan Masyarakat dan Internasional tahun 2008 hingga 2010, Wakil Bendahara DPD KNPI Asahan, Wakil Sekretaris KNPI Asahan, Wakil Ketua KNPI Asahan periode 2018 hingga 2021, terpilih sebagai Ketua DPD Angkatan Muda Islam Indonesia (AMII) periode 2012 - 2018, Sekretaris DPD Ikatan Pemuda Karya (IPK) periode 2015 - 2020, Bendahara Persatuan Olahraga Billyard Seluruh Indonesia (POBSI) Asahan tahun 2017 - 2020, Pengurus Forum Kewaspadaan Dini Madyarakat (FKDM) Tanjung Balai, Pengurus Lembaga Rehabilitasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba (DPD LRPPN) Tanjungbalai, Pendiri Komunitas Honda Tiger Adventure Club (TAC) Asahan, Pendiri Generasi Muda Peduli Seni Budaya Daerah (GM-PSBD) Asahan dll.

Khairul menikah dengan Henny Prasilawaty S.Km pada tanggal 3 juli 2009 dan dikaruniai anak yaitu Irdina Raudhatunnisa Harahap dan Muhammad Azka Harahap.

Selesai kuliah semangat kerja Irul dalam memulai usaha untuk membentuk kemandirian hidup juga patut diacungi jempol. Walaupun dalam perjalanan Khairul tidak selalu berjalan mulus. Dari mulai usaha potong ayam dipajak (pasar), bermitra dengan beberapa sekolah swasta di kecamatan Air Joman yakni les private komputer, Kontraktor, Usaha Depot Air Galon & Kemasan Gelas, Memberikan usaha Digital Sablon untuk para mahasiswa binaan, mengembangkan usaha perbengkelan las, papan bunga hias bagi para pemuda binaan di Kecamatan Sei Dadap.

Dalam menjalani semua perjuangannya itu Khairul tetap membawa falsafah hidupnya "Ketika Jatuh Dalam Merintis Usaha, Wajib Berdiri Kembali, Teruskan Langkah, Optimislah Dengan Ikhtiar, Yakinlah Dengan Kekuatan Doa".

Berbekal sederetan pengalaman berorganisasi dan dunia gerakan, pemuda yang tinggal di jalan Diponegoro No. 319 Kisaran ini mulai merambah kedunia bisnis media siber melalui portal yang didirikannya yaitu Media Berita Online www.asahansatu.co.id sebagai Owner PT. Putra Asahan Satu sekaligus Pimpinan Umum di keredaksian. Untuk mengawal proses pemerintahan didaerahnya dan sebagai corong informasi kebenaran yang terjadi di masyarakat.

Khairul yang saat ini berumur 32 tahun, masih aktif disejumlah kegiatan sosial kemasyarakatan maupun aktivis dunia pergerakan. Ia selalu siap terjun membantu masyarakat yang kesulitan dan butuh bantuan, semua demi panggilan jiwanya dan hati nurani. Mulai dari rutinitas membantu duafa, fakir miskin dan anak yatim, di tampilkan oleh sosok muda yang berprofesi sebagai kontraktor dan pengusaha ini. Tidak jarang dirinya selalu menerima ide gagasan kawan-kawannya bahkan pemikiran atau persefektif pandangan yang jauh muda di bawahnya, selama itu positif dan membangun. Tidak jarang juga Khairul selalu ikut berpartisipasi dalam kegiatan untuk event kepemudaan. Membina generasi-generasi penerus Aktivis Pergerakan telah menjadi kebahagiaan batinnya. Bahkan ia telah membentuk tim pemburu lubang di jalan-jalan umum kota Kisaran.

Dengan motto hidup Berpikir Cerdas, Bersikap Santun, Bekerja Bijak, Pria yang gemar tersenyum ini selalu menyampaikan satu hal kepada kawan-kawannya : "Teruslah Menebar Kebaikan atas Kelalaian Umur yang tersia-siakan dimasa lalu".

Aktivis sosial ini juga berpesan, mengutip dalam buku Imam Besar Al-Hasan Al-Bashri "Lakukanlah kebaikan sekecil apapun, karena engkau tidak pernah tahu kebaikan apa yang memasukkanmu ke Syurga"

Adanya kehidupan abadi setelah dunia berakhir, menjadi keyakinan kuat dan motivasi baginya untuk terus beribadah, berusaha, belajar, menebar kebaikan. Walau seberat apapun tantangan, cobaan, godaan, ujian dan kondisi yang ia hadapi tak menyurutkan tekad langkahnya untuk terus bermanfaat bagi orang lain.

Riwayat Hidup:

Tempat Lahir: Kisaran, 23 Maret 1986

Alamat: Jl.Diponegoro No.319 Kisaran Kab.Asahan

Istri: Henny Prasilawaty.S.Km

Anak: 1. Irdina Raudhatunnisa Harahap

2. Muhammad Azka Harahap

Nama Orgtua:

Ayah: Drs.H.Amir Husin Harahap (Alm)

Ibu: Hj. Syarifah Tanjung (Alm)

Nama Mertua:

Ayah: Parmono

Ibu: Maghdalena

Alamat: Jl.Panca Karsa - Tanjung Balai

Riwayat Pendidikan:

SD Negeri 010089 Kisaran Th: 1998

SMP Negeri VI Kisaran Th: 2001

SMK Nasional Kisaran Th: 2004

Fakultas Hukum Universitas Asahan Th:2012

Pengalaman Organisasi:

1. Kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cab.Asahan Periode 2005

2. DPP Ikatan Senat Mahasiswa Hukum Indonesia (ISMAHI) Dept.Advokasi & Pengabdian Masyarakat Periode 2008-2010

3. Ketua Naposo Nauli Bulung Tabagsel Asahan Periode 2011-2012

4. Ketua Angkatan Muda Islam Indonesia (DPD AMII) Asahan Periode 2011-2016

5.Sekretaris Ikatan Pemuda Karya (DPD IPK) Asahan Periode 2015-2017

6.Wakil Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Asahan s/d Sekarang

7.Pimpinan Umum Media Berita Online Asahansatu.com s/d Sekarang

8. Ketua Generasi Muda PEKAT-IB Prov. Sumatera Utara s/d Sekarang.

Motivasi Hidup: "Istiqamah Sebagai Pelayan yang Melayani Masyarakat"

Facebook: Khairul Anhar Harahap (Khairul Anhar Harahap SH (bicara) 27 Desember 2018 23.30 (UTC))