Lompat ke isi

Pengguna:Faizal nurhakim

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

KLAN COBBUWA INDONESIA


KLAN COBBUWA INDONESIA adalah suatu bentuk organisasi pemuda, tempat berkumpul generasi muda untuk berkreatif, bertukar pikiran, mengembangkan bakat khusus dalam bidang olah raga & seni bela diri KUNG FU, MAENPO dan NINJUTSU serta berperan aktif dalam kegiatan sosial lainnya.

Dulu namanya adalah KLAN COBBUWA TAO LIONG JAW. Adapun artinya yaitu :

KLAN = Keluarga Besar, COBBUWA; COB = Kesatria Sejati dan BUWA = benar/adil, jadi COBBUWA adalah Kesatria sejati yang berjiwa keras dalam membela serta menegakan kebenaran dan keadilan. Sedangkan arti dari TAO = Jalan (Jalan kesempurnaan menuju Tuhannya) dan LIONG JAW : Kitab Kuku Naga Buah karya besar dari KAISAR YANG HUO LIONG ( DINASTI YANG ) Tahun 1.000 SM, dari kitab tersebut lahirlah KUNG FU.

Untuk mengenal lebih lanjut mengenai sejarah KLAN COBBUWA KUNG FU CHI TAO LIONG JAW, inilah sekilas sejarahnya :

SEKILAS SEJARAH

Tahun 12.000 SM – Tahun 10.000 SM

ETNIS FANKUANG TZU (Para Putera Pantulan Cahaya) datang ke negeri Tiongkok ( China ) secara bergelombang dan menyebar di seluruh daratan Tiongkok (masa awal Budaya Tiongkok) membawa, mengajarkan dan menyebarkan AJARAN TAO, yaitu :

-Ilmu ke – Esaan Tuhan (Wu Chi Illahi)

-Seni membuat sutera

-Seni membuat gerabah/keramik

-Seni membuat kaca

-Seni perang

-Seni pengobatan dan penyembuhan (Tien Chen)

-Tatanan hidup bermasyrakat


Ajaran yang paling terkenal yaitu  : “ YIN YANG WU HSING”, pada saat itu masih Zaman Batu (belum ditemukan unsur Logam).

Akhirnya Seni Ajaran Tao berkembang pesat dan turun menurun. Sebagai Study Banding : di negeri Arab ajaran TAOHID dinegeri Tiongkok ajaran TAO.

Tahun 5.000 SM (Zaman Logam / ditemukan logam)

Penelitian awal penggunaan logam ( Jarum ) untuk terapi pengobatan ( sekarang HSIA CHEN PIEN atau AKUPUNTUR ).

Tahun 3.000 SM (Zaman KAISAR SHEN NUNG)

Pada tahun 3.000 SM, merupakan masa Kebangkitan Budaya Tiongkok, yaitu pada Zaman KAISAR SHEN NUNG. KAISAR SHEN NUNG (KAISAR HUANG TI) dikenal dengan Gelar DEWA OBAT dengan karya besarnya yaitu : KITAB NEI CHING suatu Kitab Ilmu Pengobatan/Penyembuhan (Kitab Panduan Ilmu Kedokteran), saat ini kitab tersebut dijadikan Panduan/Pedoman untuk semua Fakultas Kedokteran Barat maupun Kedokteran Timur di Dunia.

Tahun 1.100 SM (Zaman Dinasti CHOU)

Pada tahun 1.100 SM merupakan masa Kebangkitan Budaya Tiongkok, yaitu Zaman KAISAR CHOU. Ilmu ajaran Tao semakin disempurnakan. Pada zaman itu Th. 1.100 SM sampai Tahun 600 SM hidup para pemikir / Filosofi terkenal, yaitu :

Khong Hu Chu

Lao Tzu

Mencius/Confusius

Chuang Tzu

Oleh Kaisar Chou, Khong Hu Chu diangkat sebagai Dewa, dan dinyatakan sebagai suatu ajaran/pemahaman KHONG HU CHU dengan Kitab Tao Tekeng.

Pada zaman itu juga lahirlah Ajaran PA CH’HIN HSIEN ( Delapan Benang Kitab Brokat ), yaitu :

1). CH’ANG MING (Terapi Kesehatan Umur Panjang)

2). TS’AO YAO (Terapi Jamu – jamuan / Apoteker)

3). AN MO (Terapi Pijatan)

4). TAO YIN (Terapi Pernapasan)

5). TIEN CHEN & HSIA CHEN PIEN ( Akupresur & Akupuntur )

6). THI YU ( Budaya Latihan Fisik yaitu ; TAI CHI CHUAN & KAI MEN / CHI KUNG )

7). CHEN TUAN ( Teknik Diagnosis )

8). CH’ILI NUNG & WEN CHIECH’U ( jalan Pemecatan & Termogenesis )

Pada Zaman Dinasti Chou banyak sekolah Tao didirikan, banyak pemuda / pelajar mancanegara datang ke negeri China menjadi murid di sekolah Tao. Ilmu ajaran Tao semakin berkembang ke mancanegara, missal ; ke Jepang, Ilmu Akupuntur / Hsia Chen Pien berubah nama menjadi TSUBO.

Tahun 1.000 SM (ZAMAN DINASTI YANG)

Pada tahun 1.000 SM merupakan Zaman Dinasti Yang dengan Kaisarnya bernama YANG HOU LIONG. KAISAR YANG HOU LIONG menghasilkan karya besar yaitu : “KITAB LIONG JAW”. Dari Kitab Liong Jaw lahirlah Ilmu KUNG FU mengandung arti SENI GERAK HIDUP MENUJU TUHANNYA, Asal Kita Dari Mana, Kita Akan Kembali Kemana, Sekarang Kita Berada Dimana, Oleh Karena Itu Kita Harus Bagaimana.

Dari arti tersebut kita bisa mengambil kesimpulan bahwa Ilmu Kung Fu itu mengajak anggotanya untuk selalu beribadah, sebagai pengabdian/kewajiban Hamba Ke Kholiqnya.

Dari petunjuk (Ilham) yang diterima oleh Kaisar YANG HUO LIONG, ia beramanat : “ Nanti Di Akhir Zaman Akan Lahir Manusia Besar Pemimpin Umat, Seluruh Manusia Akan Tunduk Patuh Dan Taat Pada Ajarannya, Yaitu MUHAMMAD akan Lahir Memimpin Dunia.

(Catatan : KAISAR YANG HOU LIONG adalah LELUHUR dari MARGA YANG ).

Tahun 560 SM Agama BUDHA masuk ke negeri Tiongkok ( CHINA )

Dibawa / disebarkan oleh Pengembara dari India bagian Selatan ( sekarang negara NEVAL ) yaitu Pangeran SIDARTA GAUTAMA. Banyak para pendekar Kung Fu yang masuk dan memeluk agama Budha. Dari sinilah lahir nama “ SIAOLIEM SIE” atau Manusia Suci. Dalam penyebaran agama Budha banyak berdiri Vihara atau Kuil SIAOLIEM. Seni Bela Diri Para Bhiksu Budha yaitu : SIAOLIEM SIE KUNG FU, sangat populer dengan sebutan SHAOLING KUNG FU.

Abad 7 M Agama Islam masuk ke Negeri Tiongkok

Pada Zaman Dinasti TANG yaitu pada tahun 651 M Agama Islam masuk ke Negeri Tiongkok, salah satunya yaitu ke Propinsi XINQIYANG ; dibawa dan disebarkan oleh para Saudagar dari Negeri Arab. Bangsawan Xingqiyang yaitu YANG TSE LUNG ( Keturunan dari Kaisar Yang Hou Ling ) dan para pengikutnya masuk / memeluk Agama Islam, di Propinsi ini penduduknya 100% beragama Islam. Vihara / Biara berubah menjadi MASJID, akhirnya ilmu Kung Fu terbagi menjadi 2 ( dua ) versi, yaitu :

1). Versi Budha ; SIAOLIEM SIE KUNG FU ( SHAOLIN KUNG FU )

2). Versi Islam ; SIAOLIEM SIE KUNG FU CHI

Bangsawan YANG TSE LUNG adalah LELUHUR dari GURU BESAR KAMI; Pendiri Utama / KLAN COBBUWA INDONESIA.

Berdirinya PERGURUAN COBBUWA INDONESIA

Atas doa dan restu Keluarga (Marga) YANG (Liong Jaw), GURU BESAR tanggal 14 Maret 1982 mendirikan KLAN COBBUWA KUNG FU CHI TAO LIONG JAW dan sekarang menjadi KLAN COBBUWA INDONESIA dibawah naungan Yayasan bernama “ YAYASAN KLAN COBBUWA NAGA LODAYA”, di Wilayah III Cirebon.

Catatan : Guru Besar kami adalah seorang alumni/lulusan dari Biara Siaoliem di Tibet dan sebagai pewaris dari KITAB LIONG JAW, dari kitab tersebutlah lahirlah KUNG FU serta Pewaris Keilmuan Maenpo Lodaya Bodas Ke-11.

Itulah sekilas pandang mengenai sejarah berdirinya KLAN COBBUWA INDONESIA.