Lompat ke isi

Pengguna:COSTA76MADRID

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

HM Affan Rangkuti


Ketua Umum Pengurus Besar Forum Komunikasi Alumni Petugas Haji Indonesia (FKAPHI) Masa Bhakti 2019 sd 2024


Alamat Website: www.alumnipetugashaji.or.id


FKAPHI Berdiri Tanggal 3 Januari 2019

Sesuai dengan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor AHU-0000013.AH.01.07.Tahun 2019 Tanggal 03 Januari 2019 tentang Pengesahan Pendirian Badan Hukum Perkumpulan Forum Komunikasi Alumni Petugas Haji Indonesia berdiri pada Tanggal 3 Januari 2019. Tanggal pendirian ini merupakan hari Amal Bhakti, hari lahirnya Kementerian Agama Republik Indonesia.


Tempat Tanggal Lahir: Medan, 6 Oktober 1974.


Alamat Kantor: Kementerian Agama RI, Gedung Utama Lantai 5 Jalan Lapangan Banteng Barat Nomor 3-4 Jakarta Pusat.



Pengalaman Pengabdian di Masyarakat:


Mengabdi kepada masyarakat dengan bergabung dan menjadi salah satu Pengurus Besar Ormas Islam Al Washliyah, Ketua Dewan Pakar Isharah, Ketua GPA Pusat, Wakil Ketua Majelis Pendidikan Al Washliyah Pusat, Ketua Umum Pengurus Besar Forum Komunikasi Alumni Petugas Haji Indonesia (FKAPHI).


Pendidikan: Pendidikan terakhir Magister Islamic Economic Universitas Ibn Khaldun Bogor dan selanjutnya akan menjalani program doktor di universitas yang sama.


Karya: Salah satu pendiri Majalah Realita Haji, penulis, editor, penyelaras akhir buku Talbiyah di Tanah Haram, Menjemput Cahaya Hidayah, Tangan Tak Terlihat, Yuk Dakwah Haji, Bulan Sabit Bintang Lima, Seandainya Saja, Bagai Angka 8 Tak Pernah Berakhir dan Buku Kiprah Haji 2019: Kami Pelayan Bukan Juragan dan sedang menulis naskah buku Elok Nian. Inisiator dan Penggerak Deklarasi Makkah di Arab Saudi. Perancang dan pembangun website www.informasihaji.go.id, www.alumnipetugashaji.or.id.


Pelontar gagasan akad Wakalah dan Ijarah Alkhadamat haji, membedah musyarakah mutanaqishah haji, narasumber tesis dan disertasi tentang haji bagi mahasiswa di berbagai universitas. Penulis aktif dan kontributor di media nasional dan internasional. Inisiator pembentukan Tim Khusus Penegakan Hukum Haji dan Umrah (Timsusgakum), juru bicara haji saat tragedi Mina 2015, sejak 2008 sebagai fasilitator, narasumber, master of training dan menjadi petugas haji pra, saat dan paska di Arab Saudi. Kepala Bidang Bina Petugas Haji PPIH Arab Saudi 2019. Salah satu konseptor pembentukan branding Lima Pasti Umrah, sistem akreditasi umrah berbasis great. Penggagas kemasifan gerakan integrasi haji dengan lembaga terkait dan salah satu pendiri Sekolah Haji Indonesia di Lampung, pendorong Manasik Haji Bali Sepanjang Hayat (Mahabah), pendorong terbitnya 57 Perda Haji Kabupaten Kota Provinsi, yang baru-baru ini terbit Perda Haji Provinsi Kalimantan Barat, pendorong hibah tanah Asrama Haji Kalimantan Barat seluas 2,3 hektar, penggagas gerakan Dakwah Kesehatan Haji bersama Kapus Kesehatan Haji yang didukung dan direstui KH Maruf Amin.


Saat ini sedang membangun sinergitas tokoh, ulama dan pemerintah daerah dalam haji melalui Program Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) Dakwah Haji, sedang menggagas pelaksanaan sinergitas internasional dalam gerakan sosial dan kemanusiaan melalui pembentukan yayasan KITA.