Lompat ke isi

Pengguna:Alfin.afadi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dakwah islam di zaman milenial

Perkembangan teknologi yang serba canggih ini adalah tantang besar para kader dan para jurusan dakwah untuk terus memikirkan bagaimana cara berdakwah yang relefan sesuai dengan zaman ini. Termasuk memikirkan dalam sebuah ijtihad dalam mencari metode dakwah yang bisa disalurkan ke berbagai media sosial seperti facebook, twitter dan media lainnya.

Dakwah Islam adalah sebuah upaya keras orang-orang beriman untuk mempengaruhi hal yang bernilai baik dan mengajak umatnya selalu mengikuti ajaran Agama Islam dan diterapkan dalam segala aspek kehidupan. Di zaman sekarang tugas mengajarkan dakwah bukan sebuah kewenangan ulama melainkan di mana saja, kapan saja dan dengan cara apa saja, masyarakat umum bisa berdakwah. Bagaimanapun juga, dakwah adalah tuntutanyang harus dijalankan bagi setiap orang muslim disertai dengan tanggung jawab dan ikhlas, hingga itu menjadikan kebiasaan yang istiqomah. Dakwah termasuk tugas mulia bagi setiap muslim sebagai bentuk rasa tunduk atas segala perintah-Nya dengan cara ikut serta menyebarkan agama Allah SWT.

Strategi dakwah modern

Dakwah di era modern adalah dakwah yang cara penyampaiannya harus sesuai dengan situasi, kondisi masyarakat modern, mulai dari materi, metode yang digunakan, dan media yang digunakan. Karna bisa jadi materi yang disampaikan bernilai bagus, namun metode yag digunakan atau medianya tidak sesuai dengan kondisi masyarakat modern, maka dakwah bisa mengalami kegagalan. Dan sebaliknya pula, bisa jadi media dan metode yang digunakan sudah sesuai dengan situasi dan kondisi masyarakat modern, namun tetapi materi yamg disampaikan kurang pas, apalagi bila kurang menarik, bisa jadi dakwah akan mengalami kegagalan.

oleh karna itu seorang yang menjadi dai harus benar - benar mempunyai wawasan dan pengetahuan yang relefan dan metode penyampaiannya menarik perhatian bagi masyarakat modern dengan terpenuhinya semua itu akan menjadikan dakwah sukses.

Media sosial sebagai metode dakwah

Salah satu metode yang efektif di era sekarang unruk berdakwah adalah melalui media sosial seperti facebook, tewitter dan media yang lainnya. Banyak cara yang digunakan dimedia sosial, mereka tidak hanya berdakwah denagn metode tulisan ataupun dengan ucapan tapi juga menggunakan metode audio visual gambar, suara ataupun ceramah hal ini sesuai pada Passion atau trend di era sekarang. Konsep inilah yang menarik sehingga menarik followers dari hari kehari semakin bertambah dan tersebar luas dari seluruh penjuru baik kalangan anak-anak, remaja sampai kalangan dewasa dan orang tua.[1]Media yang digunakan bahkan tidak hanya facebook namun dengan membuat blog dan mengisi konten dengan konten islami seperti media nu online, dakwahpedia, dan media - media pondok pesantren itu juga bisa menjadi sarana dakwah di era modern ini.

  1. ^ "PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI TREND MEDIA DAKWAH PENDIDIKAN ISLAM DI ERA DIGITAL". jurnal islam nusantara. 2019.  line feed character di |title= pada posisi 51 (bantuan);