Pengguna:1611500396 AalHibsy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kriptografiy dan Steganography


1.Pendahuluan

Keamanan informasi telah berkembang sebagai masalah signifikan dalam kehidupan digital kita . Perkembangan baruteknologi transmisi memaksa spesifik strategi keamanan mekanisme especially dalam kondisi data komunikasi [1]. Pentingnya keamanan jaringan meningkat dari hari ke hari sebagai ukuran dataditransfer melintasi Interbersih [2]. Kriptografi dan smenyediakan teganografi most teknik signifikan untuk keamanan informasi [3]. Yang paling penting motive untuk penyerang untuk mendapat manfaat dari intruSion adalah nilainya dari data rahasia dia atau dia bisa mendapatkan oleh menyerang itu sistem [2]. Peretas mungkin membuka data, alter itu, memutarbalikkan saya t, atau mempekerjakan itu fatau serangan yang lebih sulit [4]. Sebuah solusi f atau masalah ini adalah kita ing dengan keuntungan dari kriptografi dansteganografi digabungkan dalam satu system [5, 3]. Makalah ini menyajikan ba sejarahckground dari seni kriptografiy dan steganografi dan shberutang perbedaan antara teknik-teknik ini di bagian 2, A ulasan literatur tentang metode yang digabungkan.

2. Latar Belakang

Kriptografi dan steganografi adalah two pendekatan yang digunakan untuk mengamankan informasimation, baik oleh penyandian the informasi dengan sebuah kunci atau dengan bersembunyiitu [6, 7, 8, 1]. Menggabungkan ini dua pendekatan dalam satu sistemmemberi lebih banyak keamanan [5, 9]. Itu kitaingin menjelaskan pendekatan inidan diskusikan manfaatnya combining mereka.

2.1 Kriptografi

Kriptografi adalah satu dari tradisional metode biasanya menjamin pribadi komunikaantara pesta. Ini metode adalah dengan seni dari menulis rahasia, yang adalah digunakan untuk mengenkripsi yang plaintext dengan sebuah kunci keciphertext menjadi ditransfer antar pihak di dalamsaluran aman. Menggunakan sebuah kunci yang valid, the ciphertext bisa didekripsi ke original plaintext. Tanpa sepengetahuan kuncinya, tidak ada seorang pun dapat mengambilplaintext. Pla kriptografiys sangat penting rAda banyak faktordiperlukan untuk keamanane komunikasi amenyeberang sebuah cha tidak amannnel, seperti: kerahasiaan, privasi, non-repudiation, pertukaran kunci ,dan otentikasi.Gambar 1 menunjukkan cryptogsistem raphy [10]. Sana ada dua jenisdari kriptografiskema untuk pengamananitu data. Ini skema sering digunakanuntuk mencapai objektif: kunci publik kriptografi, rahasia kunci kriptografi, dan hafungsi shs. Itupanjangnya dan jenis kunci yang digunakan depetemukan jenis enkripsipada algoritma [10].

2.1.1 Kunci Simetris / Rahasia Kriptografi

Teknik enkripsi kunci rahasia juga bisa dikenal sebagai symmetric-key, shared key, single-key, dan akhirnya prkunci ivate enkripsi. Teknisisedikit private menggunakan kunciuntuk semua sides enkripsi sebuahd rahasia dekripsi data. Ituinformasi asli atau plaintext adalah dienkripsi dengan kunci olehitu sisi pengirim juga kunci yang sama digunakan oleh penerima untuk mendekripsi pesan untuk mendapatkan plaintext. kuncinya adalahhanya diketahui oleh orang yang sedang diotorisasi untuk enkripsi/ dekripsi. [12]Namun, teknologinyaique memberi yang baikkeamanan untuk transmisi tetapi ada kesulitanlty dengan distribusi itu kunci. jika seseorang mencuriatau jelajahi kunci diabisa mendapatkan seluruh data tanpaapa saja kesulitan. Sebuahcontoh Symmetric-Key adalah DES Algorithm [12].

2.1.2 Asimetris / Public Kriptografi Kunci

Kita bisa sebut teknik inisebagai asimetris cryptosystem atau kunci publik cryptosystem, ini penggunaan teknik dua kunci yang secara matematis terkait, gunakan secara terpisah untuk mengenkripsi dan mendekripsi yang informasi. Di ini teknik, kapan kita menggunakan satu pribadi kunci, ada yang tidak adakemungkinan untuk mendapatkan itu data atau hanyatemukan yang lainkunci. semuakuncinya adalah nediedit untuk teknik untuk run. Kunci Digunakan untuk enkripsi adalah disimpan publik karenanya disebut publik kunci, dan dekripsi kuncinya adalah rahasia yang disimpan dan disebut pribadi kunci. sebuahcontoh Asymmetric-Key Algoritma adalah RSA RSA .

2.2 Steganografi

Dapat didefinisikan sebagai itu ilmu tentang bersembunyi dan mengkomunikasikan data melalui tampaknya dapat diandalkan operator di berusaha bersembunyi keberadaan dari data. Jadi disanaTidak pengetahuan tentang keberadaan pesan di posisi pertama. Jika seseorang memandang cdimana informasi adalah tersembunyi di dalam dia atau dia akan memilikie tidak petunjuk itue adalah apa saja penutup data, dalam cara ini individu tidak akan berakhirKami ingin memecahkan kode data. Angka 2 menunjukkan steganografi gambaran umum sistem [10]. Itu informasi rahasia bisaakan dimasukkan ke dalam satu sampulMedia oleh para stego sistempembuat enkode dengan menggunakantertentu algoritma. SEBUAH rahasia pesan dapat menjadiplaintext, sebuah gambar, ciphertext , atau apa punyang bisa menjadidiwakili dalam bentuk dari sebuah bitstream. setelahitu rahasia tanggal tertanam di clebih dari objek, itu penutup obyek akan bernama sebagai sebuah stego obyek juga itu stego obyek mengirim ke itu penerima oleh memilih itu cocok saluran, dimana sistem decoder adalah digunakan dengansama metode stego untuk mendapatkan informasi aslisebagai yangpengirim ingin mentransfer [10]. Ada berbagai jenissteganografi.

2.2.1 File Teks

Tekniknya dari menanamkan data rahasia dalam sebuah teks adalah idditetapkan sebagai teks stego. Tekssteganografkamu butuh memori rendah karena jenis file ini hanya dapat menyimpan file teks. Itu memberi transfer cepat atau komunikasi file dari pengirim ke penerima.

2.2.2 File Gambar

Ini adalah prosedur di mana kami menanamkan informasi di dalam piksel gambar. Begitu,bahwa para penyerang tidak bisa amati sebuahy change dalam penutup gambar. LSB pendekatan aku s Sebuah umum gambar steganografi algoritma.

2.2.3 File Audio

Ini adalah yang proses yang kami sembunyi kan itu informasi di dalam sebuah audio. Ada banyak pendekatan untuk menyembunyikan informasi rahasia dalam audio file untuk contoh Tahap Coding, LSB.

2.2.4 File Video

Ini adalah proses menyembunyikan beberapa data di dalam frames sebuah video.

2.3 Kriptografi vs Steganografi

Meja 1 pertunjukanyang perbedaan antarayang steganography dan cryptography menggunakan beberapa kriteria.Itu perbandingan didasarkan pada, Definisi, Tujuan, Carrier, berkas Input, Key, Visibilitas, jasa keamanan yang ditawarkan, Jenis Serangan, Serangan, Result, Aplikasi.

2 .4 Manfaat Menggabungkan Steganografi dan Kriptografi


Hal ini dicatat bahwa steganografi dan kriptografi sendiritidak cukup untukkeamanan dari informasi,Oleh karena itu Jika kita menggabungkan thSistem ini, kita dapat menghasilkanmakan lebih dapat diandalkan dan lebih cepatpendekatan g [9]. Kombinasi kedua strategi ini akan meningkatkan keamanan informasidan rahasia. Ini digabungkanakan memenuhi prasyarat, untuk contoh, memory ruang, security, dan kekuatan untuk importaninformasi t transmisi melintasi saluran terbuka. Aljadi, itu akan menjadi aku yang kuatchanisme yang memungkinkan people toberkomunikasi tanpa diterfer EavesOppers bahkan tahu ada gaya komunikasi dalam itu tempat pertama

Universitas Budi Luhur

http://www.budiluhur.ac.id