Undang-Undang Reorganisasi Negara-Negara Bagian, 1956

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Undang-Undang Reorganisasi Negara-Negara Bagian, 1956 adalah sebuah reformasi utama dari perbatasan negara bagian dan teritorial di India, yang dibagi berdasarkan pada garis linguistiknya.

Meskipun perubahan tambahan terhadap perbatasan negara-negara bagian di India dibuat sejak 1956, Undang-Undang Reorganisasi Negara-Negara Bagian 1956 masih menjadi keputusan perbatasan negara bagian tunggal paling ekstensif sejak kemerdekaan India pada 1947.

Akibat dari perubahan tersebut[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah daftar penataan negara bagian dan teritorial serikat di India sejak reorganisasi pada 1 November 1956:

Negara bagian[sunting | sunting sumber]

  1. Andhra Pradesh: Negara bagian Andhra digabung dengan wilayah berbahasa Telugu dari Negara bagian Hyderabad (juga dikenal sebagai Telangana) untuk membentuk Andhra Pradesh pada 1956.
  2. Assam: Tidak ada perubahan perbatasan pada 1956.
  3. Bihar: dikurangi sedikit dengan pemindahan wilayah-wilayah kecil ke Bengal Barat.
  4. Negara bagian Bombay: negara bagian tersebut dibuat dari penyatuan Negara bagian Saurashtra dan Negara bagian Kutch; distrik-distrik pemakai bahasa Marathi dari Divisi Nagpur, Madhya Pradesh; dan wilayah Marathwada pemakai bahasa Marathi di Hyderabad. Distrik-distrik paling selatan dari negara bagian Bombay dipindahkan ke Negara bagian Mysore. (Pada 1960, Negara Bagian Bombay dibagi menjadi Maharashtra dan Gujarat.)
  5. Jammu dan Kashmir: Tidak ada perubahan perbatasan pada 1956.
  6. Kerala: dibentuk dari penggabungan negara bagian Travancore-Cochin dengan distrik Malabar, negara bagian Madras dan taluk Kasaragod dari distrik Kanara Selatan. Bagian selatan dari Travancore-Cochin, distrik Kanyakumari dipindahkan ke Negara bagian Madras.
  7. Madhya Pradesh: Madhya Bharat, Vindhya Pradesh, dan Negara bagian Bhopal digabung ke dalam Madhya Pradesh; distrik-distrik pemakai bahasa Marathi dari Divisi Nagpur dipindahkan ke Negara bagian Bombay.
  8. Negara bagian Madras: Distrik Malabar dipindahkan ke negara bagian Kerala yang baru dibentuk, dan sebuah teritorial serikat Kepulauan Laccadive, Minicoy dan Amindivi yang baru dibentuk. Bagian selatan Travancore-Cochin (distrik Kanyakumari) ditambahkan ke negara bagian tersebut. (Negara bagian tersebut berganti nama menjadi Tamil Nadu pada 1968.)
  9. Negara bagian Mysore: sebagian besar dengan tambahan Negara bagian Coorg dan distrik-distrik pemakai bahasa Kannada dari selatan negara bagian Bombay dan barat negara bagian Hyderabad. (Negara bagian tersebut berganti nama menjadi Karnataka pada 1973.)
  10. Orissa: Tidak ada perubahan perbatasan pada 1956.
  11. Punjab: sebagian besar dengan tambahan Negara bagian serikat Patiala dan Punjab Timur.
  12. Rajasthan: sebagian besar dengan tambahan negara bagian Ajmer dan bagian-bagian negara bagian Bombay dan Madhya Bharat.
  13. Uttar Pradesh: Tidak ada perubahan perbatasan pada 1956.
  14. Bengal Barat: sebagian besar dengan tambahan teritorial minor yang sebelumnya bagian dari Bihar.

Teritorial serikat[sunting | sunting sumber]

  1. Himachal Pradesh
  2. Kepulauan Andaman dan Nicobar
  3. Delhi
  4. Kepulauan Laccadive, Minicoy dan Amindivi: dibentuk dari wilayah yang memisahkan diri dari negara bagian Madras.
  5. Manipur
  6. Tripura

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]