Transfăgărășan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Jalan Nasional 7C shield}}

Jalan Nasional 7C
Transfăgărășan
Informasi rute
Dikelola oleh Compania Națională de Autostrăzi și Drumuri Naționale din România
Panjang:90 km (56 mi)
Berdiri:1974[1] – sekarang
Persimpangan besar
Dari:Pitești
Ke:Arpașu de Jos
Letak
Kota besar:Căpățâneni, Danau Bâlea, Arpașu de Jos, Arefu, Pitești, Curtea de Argeș
Sistem jalan bebas hambatan

Jalan di Rumania

Transfăgărășan (trans + Făgăraș) atau DN7C adalah jalan pegunungan yang menembus bagian selatan Pegunungan Karpatia di Rumania. Jalan ini memiliki status jalan nasional dan merupakan jalan beraspal tertinggi kedua di negara tersebut setelah jalan Transalpina. Jalan ini terbentang dari desa Bascov di dekat Pitești hingga persimpangan antara DN1 dan Sibiu. Jalan ini memiliki panjang 90 km.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Jalan Transfăgărășan dibangun antara tahun 1970 hingga 1974 pada masa kekuasaan Nicolae Ceaușescu sebagai tanggapan terhadap invasi Cekoslowakia oleh Pakta Warsawa pada tahun 1968.[2] Rumania sebelumnya sudah punya jalan pegunungan yang strategis di Pegunungan Karpatia Selatan, tetapi jalur ini melewati lembah sungai dan mudah untuk diserang oleh pasukan Soviet. Maka dari itu, Ceauşescu memerintahkan pembangunan jalan yang menembus Pegunungan Făgăraş untuk berjaga-jaga kalau Soviet menyerang.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Voinea, Mihai (20 September 2014). "40 de ani de la inaugurarea Transfăgărăşanului, şoseaua care trebuia să poarte numele lui Ceauşescu" [40 years since the inauguration of the Transfăgărășan road that must bear the name of Ceauşescu]. Adevărul (dalam bahasa Romanian). Bucharest. Diakses tanggal 17 November 2015. 
  2. ^ a b Stancu, Cristina (19 February 2015). "Cum s-a construit Transfăgărăşanul, cel mai frumos drum din lume şi moftul anti-URSS al lei Ceauşescu" [How the Transfăgărăşan, the most beautiful road in the world and a caprice of anti-Soviet Ceauşescu, was built]. Adevărul (dalam bahasa Romanian). Bucharest. Diakses tanggal 19 February 2015.