Thomas Holland

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Thomas Holland
Lambang Thomas Holland, Earl Pertama Kent
Lambang Thomas Holland, Earl Pertama Kent
Lahir 1314
Mangkat 1360
Pasangan Joan dari Kent
Anak
Thomas Holland II
John Holland
Janed Holland
Maud, Comtesse Ligny
Ayah Robert Holland
Ibu Maud la Zouche

Thomas Holland, Earl Pertama Kent, Baron Kedua Holland, KG (tahun 1314 – 26 Desember 1360) merupakan seorang bangsawan Inggris dan komandan militer selama Perang Seratus Tahun.

Ia berasal dari golongan keluarga ningrat di Holland, Lancashire. Ia adalah putra Robert Holland dan Maud la Zouche.

Pada awal karier militernya, ia berperang di Flandria. Ia bertunangan pada tahun 1340, di dalam ekspedisi Inggris ke Flandria dan dikirimkan, dua tahun kemudian, dengan Sir John D'Artevelle ke Bayonne, untuk membela perbatasan Gascon melawan bangsa Perancis. Pada tahun 1343, ia kembali di dalam pelayanan di Perancis; dan, pada tahun berikutnya, mendapatkan penghargaan dengan dipilih menjadi satu dari pendiri Perintah Yang Paling Mulia Garter. Pada tahun 1346, ia menghadiri Edward III dari Inggris ke Normandie di dalam iringan rombongan Earl Warwick; dan, di dalam perebutan Caen, Raoul II, Comte Eu, dan Comte Tancarville menyerahkan diri mereka sendiri kepadanya sebagai tawanan. Di dalam Perang Crécy, ia merupakan satu dari komandan terpenting di bawah Pangeran Wales dan ia, kemudian melayani Pengepungan Calais pada tahun 1346-7.

Pada sekitar waktu yang sama, atau sebelumnya, ekspedisi pertamanya, ia secara rahasia menikahi Joan dari Kent yang berusia 12 tahun, putri Edmund dari Woodstock dan Margaret Wake, cucu perempuan Edward I dan Margaret dari Perancis, Ratu Inggris. Namun, selama keabsenannya di dalam pelayanan di luar negeri, Joan, dibawah tekanan keluarganya, menandatangani pernikahan lainnya dengan William Montagu. Pernikahan kedua ini dibatalkan pada tahun 1349, ketika pernikahan Joan yang sebelumnya dengan Holland terbukti memuaskan komisaris kepausan. Joan diperintahkan oleh Paus untuk kembali ke suaminya dan hidup dengannya sebagai istrinya yang sah; ini dilakukannya, dan kemudian pasangan tersebut memiliki empat orang anak.

Pada tahun 1348 ia menjadi satu dari pendiri dan Ksatria ke-13 dari Perintah Garter.

Di antara tahun 1353 dan 1356 ia dipanggil ke Parlemen sebagai Baron de Holland.

Pada tahun 1354 Holland adalah letnan raja di Bretagne selama minoritas Adipati Bretagne, dan pada tahun 1359 wakil jenderal-kapten untuk seluruh wilayah kontinental Inggris.

Saudara iparnya John, Earl Kent, meninggal pada tahun 1352, dan Holland menjadi Earl Kent atas hak istrinya.

Ia digantikan oleh putranya Thomas Holland II, kekuasaan masih dipegang oleh istrinya (meskipun putranya kemudian menjadi Earl atas haknya sendiri). Putranya yang lain, John Holland menjadi Earl Huntingdon dan Adipati Exeter.

Keturunan[sunting | sunting sumber]

Thomas dan Joan dari Kent memiliki empat orang anak :

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Bangsawan Inggris
Ciptaan baru Earl of Kent
1360
Diteruskan oleh:
Thomas Holland II