The Monkey's Paw

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

The Monkey's Paw adalah cerpen karya penulis asal Inggris William Wymark Jacobs.[1] Cerpen ini pertama kali diterbitkan pada 1902 dan kemudian ditampilkan dalam The Lady of the Barge pada 1911.[2] Cerpen ini mengisahkan tentang keluarga yang terpengaruh oleh kekuatan magis dari cakar monyet yang dapat mengabulkan tiga permintaan mereka.

Alur[sunting | sunting sumber]

Di malam yang gelap dan penuh badai Herbert White dan ayahnya sedang bermain catur sementara Mrs. White merajut di dekat api unggun. Setelah putranya menang, Tuan White mengeluh tentang cuaca buruk dan jalan di tempat tinggal mereka yang hampir sepi. Seorang kerabat, Sersan-Mayor Morris, datang berkunjung. Tuan White kemudian teringat akan pembicaraan tentang cakar monyet, ia lalu memaksa Sersan-Mayor Morris untuk mengeluarkan itu. Sersan-Mayor Morris lalu mengeluarkan cakar mumi kecil dari sakunya. Dia menjelaskan bahwa seorang fakir (pekerja mukjizat mistik) menempatkan mantra untuk membuktikan bahwa kehidupan orang-orang diatur oleh nasib dan berbahaya untuk mencampuri nasib.

Menurut sersan mayor, tiga pria dapat berharap pada cakar masing-masing tiga kali. Sersan mayor sendiri sudah memiliki tiga permintaannya, seperti halnya pria lain, yang menggunakan permintaan ketiganya untuk meminta kematian. Sersan mayor telah mempertimbangkan untuk menjual cakarnya, tetapi dia tidak ingin hal itu menimbulkan masalah lebih dari yang sudah terjadi. Selain itu, tidak ada yang akan membeli cakarnya tanpa terlebih dahulu melihat bukti efeknya. Herbert mengatakan bahwa dua ratus pound akan memungkinkan mereka membayar uang yang terutang untuk rumah itu.

Hari berikutnya, Nyonya White melihat seorang asing di luar mengenakan pakaian bagus. Dia adalah perwakilan dari Maw dan Meggins, majikan Herbert dan perwakilan itu mengatakan bahwa dia terluka, tetapi tidak kesakitan. Untuk sesaat, Nyonya White merasa lega, sampai dia menyadari bahwa Herbert tidak merasakan sakit karena dia sudah mati. Dia kemudian menjelaskan bahwa perusahaan tidak akan bertanggung jawab atas kematian itu, tetapi akan memberikan dua ratus pound.

Seminggu setelah pemakaman, Nyonya White tiba-tiba berteriak bahwa dia menginginkan cakar monyet. Dengan histeris, dia menyuruhnya turun dan berharap Herbert hidup kembali. Tuan White menolak dan mengatakan kepadanya bahwa kematian Herbert dan dua ratus pound yang mereka terima tidak ada hubungannya dengan keinginannya pada malam sebelumnya. Nyonya White memerintahkannya untuk mengucapkan permintaan itu dua kali lagi sampai akhirnya dia menuruti. Dia membuat permintaan dan saat mereka menunggu, lilin padam. Mereka mendengar jam, derit tangga, suara tikus, dan dia mendengar ketukan di pintu.

Tuan White memohon padanya untuk tidak membuka pintu. Tuan White dengan panik mencari cakarnya, yang jatuh ke lantai. Saat Nyonya White menarik kembali bautnya, Tuan White menemukan cakarnya dan membuat permintaan terakhir. Ketukan itu berhenti, dan Nyonya White berteriak. Tuan White berlari ke bawah dan melihat bahwa di balik pintu, jalanan kosong.

Tema[sunting | sunting sumber]

Tema dari cerpen ini yaitu takdir dan keinginan. Penulis menggambarkan bahwa tidak menerima takdir dan mencoba merubahnya dapat merugikan. Selain itu, penulis memberikan pesan moral kepada pembaca untuk berhati-hati dengan apa yang diinginkan.

Simbol[sunting | sunting sumber]

Simbol yang tergambar dari cerpen The Monkey's Paw adalah cakar monyet melambangkan keserakahan manusia. Tokoh dalam cerpen tersebut menginginkan sesuatu yang tidak dibutuhkan seperti kekayaan. Selain itu, catur di dalam cerita memiliki simbol yang tidak terlihat. Catur merupakan sebuah permainan tentang keserakahan dan mengambil poin (dua ratus pond) menyebabkan kehilangan seseorang (ratu dalam catur). Permainan dapat dianggap sebagai simbol karma.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "W. W. Jacobs". americanliterature.com. Diakses tanggal 2022-04-21. 
  2. ^ The Monkey's Paw (dalam bahasa Inggris). 
  3. ^ "Jacobs's "The Monkey's Paw" Literary Analysis | Free Essay Example". StudyCorgi.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-04-23.