Tendangan bebas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tendangan bebas langsung dilakukan oleh klub RB Leipzig

Tendangan bebas merupakan suatu bentuk peluang sepak bola yang diberikan kepada sebuah tim untuk mengambil tendangan tanpa adanya tekanan langsung dari pemain lawan dalam jarak tertentu. Biasanya diberikan sebagai konsekuensi dari pelanggaran tertentu yang dilakukan oleh tim lawan, tendangan bebas menjadi kesempatan strategis bagi tim yang menerima untuk mencetak gol atau menginisiasi serangan yang terorganisir. Pemain yang menjalankan tendangan bebas dapat memilih untuk langsung menuju gawang lawan atau memberikan umpan kepada rekan satu timnya, menciptakan momen kritis dalam permainan sepak bola.

Gol tendangan bebas terbanyak ialah Juninho, dimana ia telah menyetak 77 gol tendangan bebas sejauh ini.

Tendangan bebas langsung dan tidak langsung[sunting | sunting sumber]

Tendangan bebas dapat berupa langsung atau tidak langsung, dibedakan sebagai berikut:

  • Gol menyerang dapat dicetak langsung dari tendangan bebas langsung, tetapi tidak dari tendangan bebas tidak langsung.
  • Tendangan bebas langsung diberikan untuk pelanggaran yang lebih serius (handball dan sebagian besar jenis permainan curang – lihat di bawah untuk daftar lengkap), sedangkan tendangan bebas tidak langsung diberikan untuk pelanggaran yang kurang serius
  • Tendangan bebas langsung tidak dapat diberikan di area penalti tim yang melanggar: jika sebuah tim di area penalti sendiri melakukan pelanggaran yang biasanya dihukum dengan tendangan bebas langsung, tendangan penalti diberikan sebagai gantinya. Tendangan bebas tidak langsung dapat diberikan untuk pelanggaran yang dilakukan di mana saja.

Tendangan bebas cepat[sunting | sunting sumber]

Sebuah tim dapat memilih untuk melakukan tendangan bebas "cepat", yaitu melakukan tendangan saat lawan berada dalam jarak minimal 9,15 meter (10 yard) yang dipersyaratkan. Ini biasanya dilakukan karena beberapa alasan taktis, seperti mengejutkan pertahanan atau memanfaatkan posisi mereka yang buruk. Wasit memiliki keleluasaan penuh untuk mengizinkan tendangan bebas cepat, dan semua aturan lain tentang tendangan bebas masih berlaku. Namun, dalam melakukan tendangan bebas cepat, tim penendang melepaskan hak mereka untuk melakukan tendangan ulang jika lawan yang berada dalam jarak 9,15 m (10 yard) mencegat bola.[1] Badan pengatur sepak bola dapat memberikan instruksi lebih lanjut kepada wasit tentang pelaksanaan tendangan bebas cepat; misalnya, Federasi Sepak Bola Amerika Serikat menyarankan agar wasit tidak mengizinkan tendangan bebas cepat jika kartu ditunjukkan sebelum restart, jika seorang pelatih harus memasuki lapangan untuk merawat pemain yang cedera, jika tim penendang meminta penegakan aturan 10-yard (9,15 m), atau jika wasit perlu memperlambat laju pertandingan (mis., untuk berbicara dengan pemain).[2]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama FIFALotG
  2. ^ "Free Kick and Restart Management" (PDF). United States Soccer Federation. 10 February 2009. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 1 August 2020. Diakses tanggal 10 July 2018.