Tas jinjing

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Tas belacu)
Tas jinjing

Tas jinjing (bahasa Inggris: tote bag)[1][2] adalah tas berbentuk kantong dengan tali di bagian atas untuk dibawa dengan menjinjing.[3]

Banyak tas jinjing berbahan dasar kain belacu. Tas belacu ini memiliki warna putih dan sedikit cream kecokelatan. Kain belacu sering disebut sebagai kain mentah lantaran warnanya yang putih kecokelat-cokelatan polos tanpa pola tertentu. Kain ini biasanya dapat diolah dan didesain menjadi berbagai bentuk, misalnya tas, baik tas belanja, tas sekolah, tas santai, maupun tas-tas dengan fungsi tertentu sesuai kebutuhan seseorang. Kain jenis ini banyak dimanfaatkan sebagai pembungkus tepung, pembungkus beras, atau pembungkus barang/bahan belanjaan lainnya, serta dapat digunakan sebagai bahan spanduk. Bagian belakang kain tersebut berwarna putih polos. Kain jenis ini memiliki bahan dasar yang terbuat dari kapas, memiliki sifat yang mudah diatur dan dibentuk menjadi beragam kreasi. Tas ini dapat diproses tanpa atau dengan pewarna, bisa dilipat dan dibawa kemana-mana sebagai pengganti (tas/kantong) plastik saat belanja. Kain belacu ini tidak sepenuhnya diproses seperti katun, kainnya lebih halus dari kain muslin, tetapi kurang kasar dan tebal jika dibandingkan dengan kanvas atau denim. Kain belacu bermotif biasanya dihasilkan ketika proses penenunan atau disebut juga sebagai kain belacu dobby.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Tips Memilih Tote Bag / Tas Jinjing yang Tepat Buat Pria! | GATSBY Indonesia". gatsby.co.id. Diakses tanggal 2022-09-12. 
  2. ^ Fimela.com (2019-02-19). "Intip Desain Totebag Besar Menjadi Favorit di Tahun 2019". fimela.com. Diakses tanggal 2022-09-12. 
  3. ^ Kurniadi, Moch Rizky Prasetya (2022-09-12). "Arti Tas Jinjing di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)". KBBI. Diakses tanggal 2022-09-12.