Tart

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Tart
Blueberry tart.jpg
Detail
Bahan utama Kulit kue pastri (biasanya pastri shortcrust)

Tart adalah suatu makanan yang dipanggang, bahan dasarnya kue pastri dan diisi dengan sesuatu yang manis atau gurih, namun bagian atas makanan ini tidak ditutup atau dilapisi dengan pastri. Isi dari tart modern biasanya berbasis buah, terkadang dengan custard. Sedangkan tartlet adalah tart kecil, contohnya tart telur (egg tart).

Istilah Prancis tarte dapat diterjemahkan menjadi tart ataupun pai, sebab keduanya pada dasarnya sama dengan pengecualian bahwa isi pai biasanya ditutup seluruhnya dengan pastri, sementara tart dibiarkan terbuka.[1] Crostata Italia, berawal dari setidaknya pertengahan tahun 1400-an, telah digambarkan sebagai "versi bebas pedesaan dari sebuah tart buah terbuka".[2] Tart dari awal abad pertengahan umumnya diisi dengan daging, namun yang kemudian sering menggunakan buah dan custard.[3]

Tart yang gurih mencakup juga quiche, yang masih sekeluarga dengan tart versi gurih dengan sebagian besar isinya custard; 'tart bawang' Zwiebelkuchen Jerman dan tart keju Swiss dibuat dari keju Gruyère.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Davidson: s.v. 'tart'
  2. ^ Corley: 2011. Page 129.
  3. ^ Davidson: s.v. 'tart'

Pustaka[sunting | sunting sumber]

  • (Inggris) Corley, Dinah (2011). Gourmet Gifts: 100 Delicious Recipes for Every Occasion to Make Yourself & Wrap with Style. Houghton Mifflin Harcourt. ISBN 9781558324350. 
  • (Inggris) Davidson, Alan. The Oxford Companion to Food. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]