Peledak tandem

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Tandem-charge)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Sebuah tandem-charge adalah sebuah senjata dengan perangkat ledakan atau proyektil yang memiliki dua atau lebih tahapan ledakan.

Anti tank[sunting | sunting sumber]

Sebuah RPG-29 dan hulu ledak tandem PG-29V

Peledak tandem efektif melawan perisai reaktif yang dirancang untuk melindungi kendaraan lapis baja (kebanyaan tank) terhadap amunisi anti-tank.[1] Tahap pertama dari senjata ini adalah peledak lemah yang menembus perisai reaktif sasaran tanpa meledakkannya sehingga menghasilkan sebuah lubang yang bisa dilewati hulu ledak kedua, atau meledakkan perisai reaktifnya dan menggagalkan pengaturan waktu dari mekanisme reaktif. Ledakan kedua dari projektil yang sama menyerang lokasi yang sama dengan ledakan pertama. Dikarenakan perisai standar seringkali merupakan pertahana yang tersisa, peledak utama (kedua) memiliki kemungkinan yang lebih baik dalam menembus perisai.

FGM-148 Javelin memiliki hulu ledak tandem

Namun, peledak tandem hanya berguna terhadap perisai reaktif jenis ERA (perisai reaktif ledak), dan kurang efektif terhadap jenis NxRA (non-peledak), sebab lapisannya tidak terpengaruh banyak oleh peledak pertama dari peledak tandem.

Hulu ledak PG-7VR untuk peluncur roket RPG-7 dan hulu ledak PG-29V untuk RPG-29 yang lebih modern adalah contoh dari peledak tandem, tetapi teknologi ini digunakan di seluruh dunia karena dirancang pada masa Perang Dingin untuk melawan perisai reaktif yang biasa dipasang pada tank Soviet. Contoh rudal yang menggunakan peledak tandem adalah BGM-71 TOW, FGM-148 Javelin, Brimstone, dan MBT LAW.

Senjata penembus[sunting | sunting sumber]

Peluru kendali Storm Shadow menggunakan hulu ledak tandem untuk menembus bangunan yang diperkuat

Peledak tandem juga efektif dalam meningkatkan keefektivitasan hulu ledak ketika digunakan terhadap bangunan (seperti bunker) Karena ledakan dari peledak tunggal berdaya ledak tinggi akan mengarah pada jalur dengan paling sedikit gaya tolak, kebanyakan daya ledak akan hilang pada udara di sekitar sasaran juga diledakkan di luar bangunan. Efek ini dapat dilawan dengan menggunakan bom gravitasi dengan sumbu tunda yang dapat menembus tanah, beton, dan perlindungan dari sasaran sebelum meledak. Dengan itu ledakan terjadi di dalam bangunan dan meningkatkan efeknya secara signifikan.

Pesawat harus terbang mendekati sasaran untuk menjatuhkan bom gravitasi, sedangkan sasaran mungkin dilengkapi dengan pertahanan udara yang lengkap, yang memberi ancaman terhadap pesawat peluncur. Peluru kendali jelajah yang dilengkapi dengan hulu ledak tandem besar dapat menggunakan peledak pertama untuk membuat lubang untuk dilewati peledak kedua, menciptakan efek serupa dengan bom gravitasi tunda. Sebuah contoh hulu ledak tandem anti bangunan adalah hulu ledak BROACH.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ googletag.display;, Defense Industry Daily staff. "BAEs L-ROD Cage Armor". Defense Industry Daily. Diakses tanggal 2019-04-17.