Intake Sungai Sepaku

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Sungai Sepaku)


Intake Sungai Sepaku adalah bendungan yang terletak di Desa Sukaraja, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur merupakan sungai yang akan direncanakan menjadi salah satu pemasok air baku bagi Ibu Kota Nusantara selain Waduk Sepaku Semoi, Bendungan Batu Lepek, dan Bendungan Selamayu.

Untuk itu pemerintah terus mengebut proyek Intake Sungai Sepaku di Desa Sukaraja, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.[1]

Dalam mengalirkan air Intake ini dasar sungai ditinggikan lalu air dialirkan ke rumah pompa. Sebelum masuk ke rumah pompa, air dibersihkan dulu dari lumpur. Baru dari pompa dialiri ke Instalasi Pengolahan Air. Setelah itu air dialirkan melalui jaringan pipa ke IKN.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Media, Kompas Cyber (2022-05-24). "Proyek Air Baku untuk IKN di Intake Sepaku Baru Rampung 10 Persen Halaman all". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2023-02-12. 
  2. ^ "Suplai Air Baku IKN Nusantara, Kementerian PUPR Bangun Intake Sungai Sepaku". Kementerian PUPR (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-02-12.