Orang Seto

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Suku Seto)
Seto
setokõsõq
setud
Bendera Seto
Daerah dengan populasi signifikan
 Estonia15.000
 Rusia184 (2002)[1]
Bahasa
Seto, Estonia, Rusia
Agama
Ortodoks, agama tradisional
Kelompok etnik terkait
Kelompok etnik Finn lainnya

Seto (Seto: setokõsõq, setoq, bahasa Estonia: setud) adalah penduduk asli wilayah Estonia tenggara dan Rusia barat laut. Mayoritas merupakan warga negara Estonia yang menganut agama Kristen Ortodoks dan menuturkan bahasa Seto. Bahasa ini tergolong ke dalam rumpun bahasa Finnik seperti bahasa Finlandia dan Estonia. Saat ini diperkirakan terdapat sekitar 15.000 anggota kelompok etnis Seto di seluruh dunia. Sebagian besar dapat ditemui di wilayah Setomaa tepatnya di County Põlva dan Võro di Estonia serta di Distrik Pechorsky di Rusia. Orang Seto merupakan minoritas etnis yang dilindungi di Oblast Pskov.

Budaya Seto berkembang pesat pada awal abad ke-20 setelah didirikannya organisasi-organisasi Seto. Namun, setelah kemerdekaan Estonia dikumandangkan, pemerintah melancarkan kebijakan Estonifikasi yang menyingkirkan identitas Seto sebagai identitas bahasa yang berbeda. Di Rusia, jumlah orang Seto juga berkurang drastis akibat pengaruh sekolah berbahasa Estonia, perkawinan campur dan perpindahan ke Estonia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Eichenbaum, K.; Pajusalu, K. (2001): Setode ja võrokeste keelehoiakutest ja identiteedist. - Keel ja Kirjandus nr 7, lk. 483-489.
  • Eller, K. (1999): Võro-Seto language. Võro Instituut'. Võro.