Suku Pirahã

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pirahã
Jumlah populasi
420
Daerah dengan populasi signifikan
Brasil
Bahasa
Pirahã
Agama
Tidak ada

Suku Pirahã (dilafalkan [piɾaˈhã]) adalah suku pemburu-pengumpul yang tinggal di sepanjang Sungai Maici di munisipalitas Humaitá dan Manicoré, Amazonas, Brasil. Pada tahun 2010, anggota suku ini berjumlah 420 orang. Suku Pirahã tidak menyebut diri mereka Pirahã tetapi Hi'aiti'ihi, yang secara harfiah berarti "yang lurus".[1]

Budaya dan bahasa mereka memiliki ciri yang tidak biasa. Menurut antropolog Daniel Everett:

Pirahã sangat berbakat dalam mempertahankan hidup di hutan: mereka tahu kegunaan dan letak tumbuhan-tumbuhan penting di wilayah mereka; mereka paham perilaku hewan lokal serta bagaimana cara menangkap dan menghindarinya; dan mereka dapat memasuki hutan sambil telanjang tanpa membawa peralatan atau senjata dan tiga hari kemudian keluar sembari membawa buah-buahan, kacang-kacangan, dan tangkapan kecil[2]

Suku Pirahã menuturkan bahasa Pirahã. Anggota suku Pirahã dapat menyiulkan bahasa mereka untuk berkomunikasi saat berburu di hutan.

Kepercayaan[sunting | sunting sumber]

Menurut Everett, Pirahã tidak memiliki konsep ketuhanan atau roh tertinggi,[3] dan mereka tidak tertarik dengan Yesus setelah mengetahui bahwa Everett tidak pernah melihatnya secara langsung. Mereka menginginkan bukti berdasarkan pengalaman pribadi.[4] Namun, mereka memercayai roh yang dapat berubah wujud menjadi benda-benda seperti jaguar, pohon, atau benda lain yang dapat dilihat dan disentuh, termasuk manusia.[5] Everett melaporkan satu kejadian ketika seorang Pirahã mengatakan bahwa Xigagaí yang tinggal di atas awan berdiri di pantai dan berteriak pada mereka dan memberitahu mereka bahwa ia akan membunuh mereka jika masuk ke hutan. Everett dan putrinya tidak dapat melihat apapun, namun orang tersebut bersikeras bahwa Xigagaí masih ada di pantai.[6]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pullum, Geoffrey K. (26 August 2004). "The Straight Ones: Dan Everett on the Pirahã". Language Log. Diakses tanggal 2007-06-22. 
  2. ^ Colapinto, John (16 April 2007). "The Interpreter—Has a remote Amazonian tribe upended our understanding of language?". The New Yorker. Diakses tanggal 2009-02-25. 
  3. ^ Everett, Daniel. "Endangered Languages and Lost Knowledge" Diarsipkan 2010-05-16 di Wayback Machine., The Long Now Foundation, San Francisco, 20 Maret 2009.
  4. ^ "Recursion and Human Thought: Why the Pirahã Don't Have Numbers". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-10-17. Diakses tanggal 2013-12-10. 
  5. ^ Everett 2008, hal. 112, 134-142
  6. ^ Everett 2008, hal. xvi-xvii

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Bacaan lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]