Protokol independen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Dalam ilmu komputasi, stateless protocol adalah sebuah protokol komunikasi yang memperlakukan setiap permintaan sebagai transaksi independen yang tidak terkait dengan permintaan sebelumnya sehingga komunikasi terdiri dari pasangan independen dari permintaan dan tanggapan. Stateless protocol tidak memerlukan server untuk menyimpan informasi sesi atau status tentang masing-masing mitra komunikasi selama beberapa permintaan. Sebaliknya, protokol yang mensyaratkan menjaga dari keadaan internal di server dikenal sebagai stateful protocol.

Contoh stateless protocol meliputi Internet Protocol (IP), yang merupakan dasar untuk Internet, dan Hypertext Transfer Protocol (HTTP), yang merupakan dasar dari komunikasi data untuk World Wide Web.

Desain stateless menyederhanakan desain server karena tidak ada kebutuhan mengalokasikan penyimpanan untuk menangani percakapan berlangsung secara dinamis. Jika sesi klien mati pada pertengahan transaksi, tidak ada bagian dari sistem yang harus bertanggung jawab untuk membersihkan kondisi ini dari server. Kelemahan dari statelessness adalah bahwa hal itu mungkin diperlukan untuk memasukkan informasi tambahan dalam setiap permintaan, dan informasi tambahan ini perlu ditafsirkan oleh server.