Stanisław Wojciech Wielgus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Stanisław Wielgus

Stanisław Wojciech Wielgus (lahir 23 April 1939, Wierzchowiska) adalah Uskup Agung Emeritus Warsawa. Ia ditunjuk oleh Paus Benediktus XVI pada 6 Desember 2006. Setelah memulai jabatannya pada 5 Januari 2007, ia mengundurkan diri pada 7 Januari 2007 karena skandal yang menghubungkannya dengan polisi rahasia Polandia komunis.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Stanisław Wielgus adalah ahli filosofi Polandia dan mengajar selama 30 tahun di Katolicki Uniwersytet Lubelski Jana Pawła II. Ia juga rektor universitas itu selama 3 masa jabatan. Paus Yohanes Paulus II menunjuknya menjadi Uskup Płock pada 1999. Ia mengajar di Universität München dari 19731975 dan kembali pada 1978 di mana saat itu Professor Joseph Ratzinger juga mengajar. Ia menjabat Uskup Płock sampai 2006, ketika ia ditunjuk sebagai Uskup Agung.

Kerjasama dengan dinas rahasia komunis[sunting | sunting sumber]

Pada 20 Desember 2006, beberapa wartawan menemukan dokumen-dokumen dari arsip komunis yang menyebutkan bahwa Uskup Agung Wielgus bekerja sama dengan Służba Bezpieczeństwa selama pemerintahan komunis di Polandia. Surat kabar Rzeczpospolita menerbitkan beberapa dokumen ini, di mana tercantum bahwa Uskup Agung Wielgus bertemu dengan agen-agen polisi sebanyak lebih dari 50 kali dalam waktu 5 tahun.

Pengunduran diri[sunting | sunting sumber]

Uskup Agung Wielgus mengaku bahwa pada 1978, ia menandatangani pernyataan kerjasama dengan dinas rahasia—karena dipaksa— ketika ia minta izin untuk pergi ke München, Jerman. Ia bersiteguh bahwa kerjasama yang ia berikan hanyalah memberi tahu agendanya dalam pertemuan-pertemuan akademis di luar negeri, dan janji untuk tidak terlibat dalam aktivitas-aktivitas antikomunisme. Ia menyangkal perannya sebagai informan.

Dokumen-dokumen yang memberatkan Wielgus[sunting | sunting sumber]

Dokumen-dokumen yang diterbitkan Rzeczpospolita dan surat-surat kabar lainnya memberi peran yang jauh lebih besar bagi Wielgus. Misalnya bahwa Wielgus direkrut oleh S.B. lebih dari 10 tahun sebelumnya—pada 1967, ketika ia masih mahasiswa filosofi di Lublin. Dalam dokumen-dokumen lain tercantum bahwa Wielgus memberi S.B. informasi mengenai aktivitas-aktivitas di universitas tersebut. Menurut surat-surat kabar ini, nama-nama samaran Wielgus adalah Grey, Adam, dan Adam Wysocki; dan Wielgus dilatih oleh S.B. dan diberi imbalan atas kerjasamanya dengan izin untuk belajar di München.

Akibat[sunting | sunting sumber]

Seperti halnya banyak Uskup Agung Warsawa, Uskup Agung Wielgus diharapkan—sebelum pengunduran dirinya— untuk ditahbiskan sebagai Kardinal setelah pendahulunya wafat. Paus Benediktus XVI telah menerima pengunduran diri Stanislaw Wielgus.

Uskup Agung Wielgus adalah pengganti Uskup Agung Stefan Wyszynski, yang dipenjara selama bertahun-tahun dalam masa pemerintahan diktator Soviet Joseph Stalin. Warsawa juga terkenal karena pastor Jerzy Popieluszko yang dibunuh oleh dinas rahasia komunis.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]