Kontrasepsi spons

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Spons kontrasepsi)
Kontrasepsi spons

Kontrasepsi spons adalah metode kontrasepsi yang menggabungkan unsur penghalang dan pembunuh sperma untuk mencegah pembuahan.Tetapi kontrasepsi spons tidak dapat melindungi dari resiko penularan penyakit menular seksual.

Terdapat tiga merk kontrasepsi spons: Pharmatex, Protectaid dan Today. Pharmatex dipasarkan di Prancis dan provinsi Quebec; Protectaid dijual di wilayah Kanada lainnya dan di Eropa; sementara itu, Today dipasarkan di Amerika Serikat.[1]

Spons ini bekerja dengan dua cara. Pertama-tama, spons dimasukkan ke dalam vagina sehingga dapat menutupi leher rahim dan mencegah sperma masuk ke rahim. Kedua, spons diproduksi dengan spermisida di dalamnya agar sperma tidak dapat bergerak.[2]

Spons ini dimasukkan ke dalam vagina sebelum penetrasi dan harus ditempatkan di atas leher rahim agar efektif. Namun, spons ini tidak melindungi pasangan dari penyakit kelamin.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sponges". Cervical Barrier Advancement Society. 2004. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-01-14. Diakses tanggal 2006-09-17. 
  2. ^ "Bith Control Sponge". Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 January 2014. Diakses tanggal 13 September 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]