Suq Waqif

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Souq Waqif)

Koordinat: 25°17′15″N 51°32′00″E / 25.287384°N 51.533206°E / 25.287384; 51.533206

Souq Waqif

Souq Waqif (Arab: سوق واقف) adalah sebuah pasar tradisional yang merupakan salah satu tempat wisata penting di kota Doha, ibu kota Qatar. Pasar ini menggabungkan antara warisan dan tradisi dengan peradaban modern, dan merupakan tempat wisata dan budaya yang paling terkenal dan dikunjungi oleh para wisatawan dan masyarakat setempat. Pasar ini juga terkenal menjual kerajinan tangan, serta penyajian makanan Arab, tradisional dan internasional. Sebagian besar toko-toko di pasar ini buka sejak pukul 10 sampai pukul 12 zuhur, kemudian pukul 4 sore sampai jam 10 malam, dan merupakan satu-satunya pasar yang menjadi tempat penting di Doha, didalamnya juga terdapat berbagai rumah makan yang menyajikan makanan tradisional Qatar dan makanan khas Timur Tengah.

Souq Waqif

Di dalamnya juga terdapat kafe dan rumah makan yang buka hingga dini hari (sebagian buka 24 jam), beberapa rumah makan tersebut menyajikan makanan tradisional serta shisha dan hookah tradisional, serta menampilkan tarian dan musik tradisional, terlebih lagi jika ada acara-acara besar. Diperbolehkan juga untuk mengambil gambar keledai yang di punggungnya terdapat permadani yang dihias.[1]

Souq Waqif

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Souq Waqif adalah salah satu tempat yang sudah lama ada di Qatar, tetapi pasar ini telah mengalami perbaikan dekorasi dengan tetap menjaga keasliannya atas perintah oleh Emir Qatar Hamad bin Khalifa al-Tsani. Pasar ini disebut Souq Waqif, menurut salah satu pengamat di bidang kebudayaan Qatar, dikarenakan para pedagang dahulu berdiri (dalam bahasa Arab waqif berarti berdiri) di pinggiran jalan yang menuju ke pasar besar Doha untuk menjual dagangannya seperti ikan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Doha's Lively Traditional Market". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-04-15. Diakses tanggal 2017-08-18.