Sekolah Tinggi Agama Islam Luqman Al-Hakim Surabaya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Sejarah Berdirinya STAI Luqman Al-Hakim[sunting | sunting sumber]

Pesantren Hidayatullah Surabaya adalah Yayasan yang bergerak dalam bidang Pendidikan, Dakwah dan Sosial yang berdiri pada tahun 1987 dan sampai sekarang berkembang dengan pesat. Dalam bidang Dakwah mengembangkan wilayah dakwah dengan membuka cabang-cabang baru di seluruh kota Kabupaten di Jawa & Nusa Tenggara. Tumbuhnya cabang-cabang baru tersebut menuntut Pesantren Hidayatullah Surabaya mempersiapkan para Da’i dan kiyai yang siap diterjunkan ke daerah-daerah untuk membina umat di daerahnya masing-masing.

Berangkat dari latar belakang masalah di atas itulah para pendiri pesantren mendirikan Pendidikan Tinggi Islam (PTI), pada tahun 1994 sebagai lembaga pendidikan dan pengakaderan yang menggodok calon-calon da’i dan kiyai. Adapun para pendiri tersebut adalah :

1.Ust. Abdurrahman, S.E. - Ketua Yayasan
2.Ust. Drs. Hamim Tohari, M.Si - Direktur LPI Luqman Al-Hakim
3.Ust. Drs. Husen Aziz, M.Ag - Ketua PTI
4.Ir. El Venus Yahya - Bendahara Yayasan

Pertumbuhan dan perkembangannya[sunting | sunting sumber]

Pada awal berdirinya, STAI Luqman al Hakim bernama PTI (Pendidikan Tinggi Islam) yang didirikan pada Tahun 1994. Ketika itu perkuliahan berjalan dengan menggunakan 100% kurikulum sendiri dan belum mendapatkan status terdaftar. Kurikulum tersebut dirancang untuk mencetak kader da’i yang siap diterjunkan ke cabang-cabang untuk membina umat di daerahnya.

Melihat perkembangan zaman, tuntutan sosial dan prospek out put mahasiswa, serta peluangnya untuk dapat mengikuti program pendidikan yang lebih tinggi (S2 & S3) mengharuskan PTI pada tahun 1997 berubah namanya menjadi STAIL (Sekolah Tinggi Agama Islam Luqman al Hakim), dan berusaha untuk mendapatkan status terdaftar serta berafiliasi ke Depag. Dengan asumsi bahwa program pengkaderan tetap dominan, dan mahasiswa sekaligus mendapatkan materi perkuliahan yang berisi kurikulum nasional.

Alhamdulillah, pada tanggal 1 Juli 1998 STAI Luqman al Hakim Surabaya mendapat SK menteri Agama (Dirjen Binbaga Islam) No. E/191/1998 untuk dua Jurusan :

   * Jurusan Dakwah, Program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
   * Jurusan Tarbiyah dengan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
   * Jurusan Ekonomi Bisnis Islam, Program Studi Ekonomi Syariah (Eksya)
   * Jurusan Tarbiyah,Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)                                                                  

Akreditasi

Barometer mutu pendidikan lembaga pendidikan di Indonesia salah satunya adalah akreditasi yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia. Pada tahun 2010 STAIL Surabaya telah mendapatkan akreditasi sebagai berikut :

  • Jurusan Dakwah, Program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) - Terakreditasi B
  • Jurusan Tarbiyah dengan Program Studi Kependidikan Islam (KI) - Terakreditasi B
  • Jurusan Ekonomi Bisnis Islam, Program Studi Ekonomi Syariah (Eksya) - Terakreditasi
  • Jurusan Tarbiyah,Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) - Terakreditasi

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]