Satria Muda Pertamina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari


Satria Muda Pertamina adalah klub bola basket profesional yang bermain pada Liga Bola Basket Indonesia yang berasal dari Jakarta.

Awalnya dikenal sebagai Satria Muda Mahaka (Mahaka merupakan yayasan menjadi sponsor awal), dan mengikuti Liga basket pertama Kobatama pada tahun 1993. Satria Muda Mahaka memenangkan gelar Kobatama lima tahun kemudian.

Satria Muda kemudian bermain di Indonesian Basketball League pada tahun 2003. Setahun kemudian, Bank Rakyat Indonesia, melalui merek BritAma, menjadi sponsor utama tim ini, dan sejak itu identitas tim berubah menjadi Satria Muda BritAma. Kemudian pada 2015, Pertamina, menjadi sponsor utama tim, dan nama tim kembali mengalami perubahan yaitu menjadi Satria Muda Pertamina.

Satria Muda telah memenangkan empat gelar domestik (2004, 2006, 2008 dan 2009) dan juga memenangkan Piala SEABA Champions pada tahun 2008 setelah mengalahkan Harbour Centre Batang Pier dari Asean Basket Powerhouse Filipina.

Satria Muda adalah salah satu dari enam tim pendiri pan-Asean bola pro liga pertama, yang dimulai bermain pada tanggal 11 Oktober 2009, [1] tetapi masih akan tetap di Liga Basket Indonesia. Di ASEAN Basketball League, hal itu memungkinkan mereka untuk menambahkan dua pemain bantuan asing dan sampai tiga pemain dari negara-negara Asean. Ini selesai secara keseluruhan ketiga dalam klasemen musim reguler dan menjadi runner-up di musim perdana ABL, kalah dari Philippine Patriots, 0-3, dalam kejuaraan tersebut.

Pada musim 2010-11, Satria Muda dipecah menjadi dua tim. Satu bermain untuk ABL dan satu tim lagi untuk liga domestik NBL Indonesia. Tim yang berlaga di NBL akan terdiri dari pemain yang bertanding di ABL 2009-2010, [2] sementara tim ABL baru adalah campuran dari pemain lokal baru, impor Filipina, dan impor Amerika. [3] Tim NBL Satria Muda menang kejuaraan perdana NBL Indonesia dengan mengalahkan CLS Knights di final satu pertandingan, 67-50.

Satria Muda juga menjuarai turnamen Liga Bola Basket Indonesia pada tahun 2006 dan meraih peringkat kedua pada kompetisi bola basket Sister City di Jakarta pada tahun yang sama. Mereka memainkan permainan kandangnya di BritAma Arena yang terletak di Mahaka Square di Kelapa Gading, Jakarta Utara yang mampu menampung 7.000 orang.

Di musim reguler IBL 2006 Satria Muda kembali tampil sebagai juara setelah mengalahkan Aspac Putra Riau 2-0 dalam final yang menggunakan format game the best of three. Beberapa pemain Satria Muda tercatat pernah memperkuat tim nasional basket Indonesia yaitu Faisal Julius Achmad, Amin Prihantono, Wendha Wijaya, Rony Gunawan, Wahyu Widayat Jati, Dwui Eriano, Youbel Sondakh dan Denny Sumargo.