Dismas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Santo Dismas)
Santo Dismas
Patung Santo Dismas (1750)
Meninggalsekitar 33 Masehi
Golgota, bukit di luar Yerusalem
Dihormati diGereja Ortodoks Timur
Gereja Katolik Roma
Pesta25 Maret

Menurut tradisi Santo Dismas adalah seorang santo yang baru mengikut Yesus pada menit-menit akhir dari kehidupannya.[1] Dismas adalah salah seorang dari dua penjahat yang disalibkan di sebelah kiri dan sebelah kanan Yesus.[1] Di dalam kitab Injil Lukas 23:39-43, dikisahkan bahwa penjahat yang satu tidak menyesali perbuatannya, tetapi penjahat yang satunya lagi menyesali perbuatan jahatnya.[1] Penjahat yang menyesali perbuatannya adalah Dismas.[1][2] Ketika mendekati ajalnya, Dismas memohon ampun atas dosa-dosanya kepada Yesus.[1] Yesus mengiyakan dan berkata: "Hari ini juga kamu akan bersamaku di Firdaus".[1] Dismas dipandang sebagai teladan bagi orang yang mau bertobat.[2] Selain itu, ia juga menjadi santo pelindung bagi orang yang dihukum mati.[2]

Asal nama[sunting | sunting sumber]

Dalam Injil Lukas pencuri itu tidak memiliki nama. Dalam Injil Nikodemus (apokrif, Berasal dari Abad ke-4) nama pencuri yang baik adalah "Dismas", nama pencuri buruk adalah "Gestas". Dalam Injil al-Tufuliyah (apokrif, Abad ke-6) namanya adalah "Titus", pencuri buruk adalah "Dumachus".[3] Di gereja ortodoks Rusia, namanya adalah "Rah".

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f (Indonesia)Bernadette McCarver Snyder. 2001. 115 Kisah Santo-Santa yang Mengasyikkan. Yogyakarta: Kanisius. Hal. 48.
  2. ^ a b c A. Heuken. 1985. Ensiklopedi Orang Kudus. Jakarta: Yayasan Cipta Loka Caraka. Hal. 94.
  3. ^ Catholic Encyclopedia Arabic Gospel of the Infancy 23. "And the Lord Jesus answered, and said to His mother: Thirty years hence, O my mother, the Jews will crucify me at Jerusalem, and these two robbers will be raised upon the cross along with me, Titus on my right hand and Dumachus on my left; and after that day Titus shall go before me into Paradise."