Santa Nino

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Santa Nino
Saint Nino Georgian mosaic.jpg
Ikon di Biara Samtavro
Lahirc. 280
Kolaste, Kolasa
Wafatc. 332
Bodbe, Kakheti (Georgia)
Dihormati diGereja Ortodoks Timur,
Ortodoks Oriental,
Gereja Katolik Roma,
Gereja Katolik Timur
Tempat zairahBiara Bodbe
Pesta14 Januari (Katolik Roma)
27 Januari (Ortodoks Timur)
PelindungGeorgia

Santa Nino (Georgia: წმინდა ნინო, ts'minda nino; Armenia: Սուրբ Նունե, Surb Nune; Yunani: Αγία Νίνα, Agía Nína; terkadang disebut pula Santa Nune atau Santa Ninny) Setara Rasul dan Pencerah Georgia adalah seorang penyebar agama Kristen di Kerajaan Iberia, sekarang Georgia. Ia menyebarkan agama di kalangan bangsawan yang kemudian berlanjut dengan kristenisasi seluruh Georgia.

Secara tradisional, ia dianggap berasal dari keluarga berbahasa Yunani dari Kolastra di Kapadokia, dan merupakan kerabat Santo Georgius yang datang ke Georgia (Iberia) dari Konstantinopel. Sumber lain mengatakan dia berasal dari Roma, Yerusalem atau Gaul (sekarang Perancis). Menurut legenda, ia menyembuhkan Ratu Nana dari Iberia melalui mukjizat, sehingga sang ratu memutuskan untuk pindah agama. Ia juga membaptis sang raja, Mirian. Raja Mirian III dari Iberia mengumumkan Kristen sebagai agama resmi negaranya (c. 327) dan Nino terus mendakwahkan Kristen ke rakyat Georgia hingga kematiannya.

Makamnya terletak di Biara Bodbe di Kakheti, Georgia timur. Santa Nino menjadi salah satu orang suci yang paling dihormati di Gereja Ortodoks Georgia dan atributnya, salib pokok anggur merupakan simbol Kristen Georgia.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]