STMIK Tegal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari STMIK YMI Tegal)
STMIK Tegal
JenisSwasta
Didirikan1993
KetuaM. Al' Amin, M. Kom.
Jumlah mahasiswa600
Doktor2
Lokasi, ,
KampusJl. Pendidikan No. 1 Kota Tegal, Jawa Tengah
Situs webhttp://www.stmik-tegal.ac.id

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Tegal (sebelumnya bernama STMIK YMI Tegal) adalah perguruan tinggi swasta yang berkedudukan di Kota Tegal, Jawa Tengah. Perguruan tinggi yang sebelumnya berada di bawah naungan Yayasan Manajemen Indonesia, ini berdiri sejak tahun 2003 sesuai Surat Keputusan Mendiknas No.178/D/O/2003. STMIK Tegal menyediakan dua program studi Teknik Informatika dan Sistem Informasi.[1] Serta memiliki 3 jenis kelas: Kelas Reguler Pagi, Kelas Reguler Malam, dan Kelas Karyawan.[2]

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Pendirian Yayasan Manajemen Indonesia dilatarbelakangi oleh kesadaran dan tanggung jawab atas masa depan bangsa untuk meningkatkan sumber daya manusia. Bentuk keinginan tersebut diwujudkan melalui pendirian lembaga pendidikan tinggi dalam bentuk Akademi Manajemen Informatika & Komputer (AMIK-YMI) Tegal. Sebagai embrio Akademi Manajemen Informatika & Komputer adalah lembaga pendidikan kursus ICM dibawah binaan DIKLUSMAS Dirjen Dikbud dengan izin penyelenggaraan No. 314/103/HD/1991. ICM (Informatika Computer & Manajemen) Tegal yang semula singkatan dari Institute of Computer & Management, mengawali pelaksanaan pendidikan sejak tahun 1987 sebagai upaya membantu pemerintah dibidang pendidikan luar sekolah. Sebagai lembaga pendidikan, lembaga ini menuntut adanya suatu lembaga penyelenggara yang terorganisasi, untuk itu para pemrakarsa dan perintis kelahiran ICM Tegal segera mengorganisasikan diri dalam wadah berbentuk Yayasan bernama Yayasan Asasi berkedudukan di Tegal dengan Akta Notaris No. 71 tanggal 20 April 1991. Kemudian pada tanggal 11 November 1992 diubah namanya menjadi Yayasan Manajemen Indonesia. Untuk memantapkan eksistensi ICM Tegal, pada tanggal 10 November 1992, Yayasan Manajemen Indonesia mengambil keputusan atas berdirinya Akademi Manajemen Informatika & Komputer melalui keputusan No. 006/YMI/SK/X/1992 dan mendapatkan keputusan Menteri Pendidikan & Kebudayaan No.07/D/O/1993. Kemudian pada tahun 2003 menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer (STMIK) melalui SK Mendiknas No.178/D/O/2003.[3][4]

Struktur organisasi[sunting | sunting sumber]

  1. Ketua STMIK Tegal, bertanggung jawab kepada Yayasan Manajemen Indonesia atas segala kegiatan operasional dan akademik
  2. Pembantu Ketua 1, bertanggung jawab kepada ketua, bertugas mengurusi masalah akademik
  3. Pembantu Ketua 2, bertanggung jawab kepada ketua, bertugas menangani masalah keuangan dan personalia
  4. Pembantu Ketua 3, bertanggung jawab kepada ketua, bertugas menangani masalah kemahasiswaan
  5. Kepala Biro Administrasi Umum, bertanggung jawab kepada Pembantu Ketua 2, bertugas mengurusi masalah administrasi umum mahasiswa
  6. Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan, bertanggung jawab kepada Pembantu Ketua 3, bertugas mengurusi administrasi akademik dan kemahasiswaan.
  7. UPT Perpustakaan, bertanggung jawab kepada Pembantu Ketua 3, bertugas menangani pengelolaan perpustakaan.
  8. UPT Pengabdian Masyarakat, bertanggung jawab kepada Pembantu Ketua 3, bertugas menangani kegiatan pengabdian masyarakat.

Program studi[sunting | sunting sumber]

Teknik Informatika[sunting | sunting sumber]

Program studi Teknik Informatika memberikan penguasaan dan kemampuan kepada mahasiswa untuk membangun dan mengembangkan berbagai aspek teknis teknologi informatika. Penekanan dari program studi ini adalah pada bidang pemrograman dan komputasi, rekayasa perangkat lunak (software) untuk berbagai bidang aplikasi dalam berbagai bidang usaha, dan teknologi jaringan komputer. Selain itu, program studi ini memberikan bidang-bidang ilmu yang berkaitan dengan pengembangan sistem informasi dan pemanfaatan teknologi lainnya dengan tujuan dapat meningkatkan efisiensi kerja di berbagai bidang usaha yang menerapkan komputerisasi. Perangkat keras (hardware) pada program studi Teknik Informatika hanya sebagian kecil saja dan program studi ini akan memberikan bekal kepada mahasiswa untuk mampu melakukan analisis dan perancangan komputasi, melakukan rekayasa perangkat lunak untuk meningkatkan performance perangkat lunak, dan penguasaan dalam teknik-teknik optimasi perangkat lunak. Program Studi Teknik Informatika dengan jenjang pendidikan Strata Satu (S1) dilaksanakan dalam 8 Semester dengan jumlah total SKS (Satuan Kredit Semester) 144 SKS. Prospek yang dicapai oleh program studi ini antara lain; System Analyst, System Engineer/Programmer, Web Developer/Programmer, Software Enginner, Application Programmer, Data Base Specialist, dan Data Base Administrator. Secara garis besar materi perkuliahan pada program studi ini disesuaikan dengan kurikulum nasional dan mengacu kepada kebutuhan pasar dunia kerja yang dapat dikelompokkan menjadi:

  • Pemrograman dan Komputasi
  • Algoritme dan Pemrograman, Struktur Data, Konsep Bahasa Pemrograman, Teori Bahasa / Automata dll.
  • Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering) Perancangan Program, Rekayasa Perangkat Lunak dll.
  • Arsitektur dan Jaringan Komputer
  • Arsitektur Komputer, Organisasi Komputer, Elektronika, Sistem Digital, Sistem Mikroprosesor, Jaringan Komputer dll. Basis Data dan Sistem Infor

Projek pemrograman dan tugas akhir

  • Mata Kuliah Pemrograman dilaksanakan di setiap Semester dengan nama Mata Kuliah yaitu Teknik Informatika yang terdiri dari Teknik Informatika I - Teknik informatika VIII dengan jumlah SKS 4. Tugas akhir untuk Mata Kuliah Pemrograman disebut sebagai Project Pemrograman yang dilaksanakan pada akhir semester 6 setelah mahasiswa memperoleh Mata Kuliah Teknik Informatika I - Teknik Informatika VI dan hasilnya harus dipresentasikan.
  • Tugas Akhir 1 di Semester 7 dilaksanakan dalam bentuk Kerja Praktik mahasiswa di Perusahaan dengan bimbingan dari Dosen dan personel dari Perusahaan yang berwenang. Waktu yang disediakan untuk Kerja Praktik ini selama 2 (dua) bulan dan hasilnya harus dipresentasikan pada Seminar 1 di Semester 7.
  • Tugas Akhir 2 di Semester 8 merupakan Tugas Akhir mahasiswa dalam menyelesaikan program pendidikannya di Jurusan Teknik Informatika. Syarat mahasiswa mengambil Tugas Akhir 2 adalah telah menyelesaikan dan lulus Project Pemrograman, Tugas Akhir 1, dan Seminar 1.

Sistem Informasi[sunting | sunting sumber]

Program studi Sistem Informasi, Jurusan Manajemen Informatika memiliki dua (2) bidang konsentrasi atau peminatan ilmu yaitu E-Business dan Sistem Informasi Korporat (Corporate Information System). Bidang minat E-Business akan mengantarkan mahasiswa untuk memiliki kompetensi sebagai analis dan perancang suatu bisnis yang berbasis elektronik atau teknologi informasi. Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis perubahan kultur bisnis dan membangun E-Business beserta strategi pengembangannya. Bidang minat Sistem Informasi Korporat (Corporate Information System) akan menghantarkan mahasiswa untuk memiliki kompetensi dalam mengelola perusahaan yang bertujuan menyatukan perspektif antara IT specialist, senior executive dan line manajemen serta mampu mengevaluasi aktivitas penggunaan IT dan komunikasi dalam menunjang ativitas bisnis perusahaan. Karier Sarjana Sistem Informasi lulusan program studi Sistem Informasi STMIK YMI Tegal di samping dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi, juga dapat bekerja dalam dunia bisnis swasta, pemerintah, wirausaha atau entrepreneur sesuai dengan bidang dan kompetensinya. Program Studi Sistem Informasi akan menghantar para lulusan memiliki prospek karier sebagai Analysis System, Managing Director of IT, Database Administrator, Web Analys and Development, IT Support/Consultant, Entrepreneur of IT, IT Lecturer, CIO (Chief Information Officer), CKO (Chief Knowleadge Officer), IT Project Management, COO (Chief Operating Officer), Information Engineer.

Orientasi pengenalan kampus[sunting | sunting sumber]

Orientasi pengenalan kampus berlaku bagi mahasiswa baru atau mahasiswa lama yang tahun sebelumnya belum mengikuti. Kegiatannya meliputi:

  • Pengenalan lingkungan kampus dan akademik
  • Penelusuran bakat dan minat
  • Pelatihan bela negara
  • Pelatihan dasar kepemimpinan
  • Pentas seni
  • Kuliah umum

Unit kegiatan mahasiswa[sunting | sunting sumber]

  • Fotografi
  • Kajian Islami
  • Sinematografi
  • Teater
  • Paduan Suara

Sistem informasi akademik[sunting | sunting sumber]

Sejak 2013, STMIK YMI Tegal memberlakukan sistem informasi akademik yang dapat diakses oleh setiap mahasiswa melalui login user, untuk melayani beberapa hal antara lain:

  • Pendaftaran mahasiswa baru
  • Input kartu rencana studi
  • Pembayaran biaya kuliah
  • Riwayat akademik mahasiswa

Referensi[sunting | sunting sumber]