SMS gateway

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari SMS Gateway)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

SMS Gateway adalah suatu platform yang menyediakan mekanisme untuk UEA (Uni Emirat Arab) mengirim dan menerima SMS dari peralatan mobile (HP, PDA phone, dll) melalui SMS Gateways shortcode (sebagai contoh 9221).[1]

Saat ini, SMS Gateway memperbolehkan UEA untuk berkomunikasi dengan Telco SMSC atau platform SMS untuk mengirim dan menerima pesan SMS dengan sangat mudah karena SMS Gateway akan melakukan semua proses dan koneksi dengan Telco. SMS Gateway juga menyediakan UEA dengan interface yang mudah dan standar. UEA ini dapat berupa berbagai aplikasi yang memerlukan penggunaan SMS, seperti berbagai aplikasi web yang telah banyak menggunakan SMS (free SMS, pendaftaran, konfirmasi melalui SMS, aplikasi perkantoran, dan sebagainya), CMS (Content Management System), acara pengundian di televisi, dan lain-lain.[2] UEA dapat melakukan komunikasi dengan SMS Gateway melalui Internet menggunakan standard HTTP, GET ,atau HTTPS (untuk komunikasi yang aman).

Telco SMSC akan mengirim pesan (SMS) tersebut kepada perusahaan SMS Gateway (sesuai dengan nomor yang telah disewa) dengan menggunakan protokol khusus. Lalu, berdasarkan kata kunci yang telah dituliskan pada SMS, maka sistem SMS Gateway akan mengirim SMS tersebut ke URL yang telah ditentukan. UEA dapat mengirim balasan SMS kepada pelanggan melalui SMS Gateway tersebut, serta UEA juga dapat menentukan besarnya biaya (charging) yang akan dikenakan kepada pelanggan. Biasanya telah ditentukan regulasi biayanya (microcharging mechanism), contoh Rp0,00 (gratis); Rp500,00; Rp1000,00; Rp2000,00; dan seterusnya.

Suatu perusahaan SMS Gateway biasanya telah tersedia untuk pesan yang berupa teks, unicode character, dan juga smart messaging (ringtone, picture message, logo operator).

SMS Gateway menggunakan GNOKII[sunting | sunting sumber]

Proyek Gnokii ditujukan untuk pengembangan tools dan driver untuk Mobile Device Nokia yang menggunakan system Linux, FreeBSD, dan Nix lainnya. Dengan Gnokii, pelanggan dapat mengirim/menerima SMS, membuat panggilan, atau sekadar mengakses buku telepon. Dengan kata lain, pelanggan bisa menggunakan seluruh fasilitas yang dimiliki telepon seluler merek Nokia atau seluler yang support AT langsung dari komputer, tetapi tidak untuk semua produk Nokia yang di support oleh Gnokii.

SMSD (SMS Daemon)[sunting | sunting sumber]

SMSD (SMS Daemon) adalah modul program untuk menerima dan mengirim SMS yang bekerja dengan menggunakan SQL server untuk penampungan semua kotak masuk dan kotak keluar yang ada di seluler. Sampai dengan versi ini baru didukung dengan dua modul database yaitu MySQL & PostgreSQL.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "SMS Tutorial: What is an SMS Gateway? Open Source and Free SMS Gateway Software (Kannel)". www.developershome.com. Diakses tanggal 2021-04-08. 
  2. ^ "What Is an SMS Gateway API and How Does It Work?". CM.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-04-08.