Senapan mesin ringan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari SMR)
FN Minimi, senapan mesin ringan modern dengan kaliber 5.56 yang paling banyak dipakai negara-negara NATO.

Senapan mesin ringan (SMR) (Inggris: Light machine gun (LMG))adalah kategori senapan mesin yang secara umum lebih ringan dari senapan mesin lain pada masanya. Senapan mesin ini dirancang untuk dibawa oleh satu prajurit saja, walau kadang-kadang bersama asisten (sebagai pembawa amunisi cadangan atau pengamat target/spotter). Senapan mesin ringan ditujukan untuk mendukung pasukan tingkat satuan hingga regu, sehingga kerap disebut senapan otomatis regu (squad automatic weapon atau SAW)

Jika dibandingkan dengan senapan mesin sedang, senapan mesin ringan modern menggunakan peluru dengan kaliber yang lebih kecil, dan yang umumnya sama dengan kaliber peluru senapan serbu standar (seperti 5,56 x 45 mm NATO atau 5,45 x 39 mm Soviet/Rusia), dan ukuran senapan lebih kecil dan ringan.

Pada awalnya senapan mesin ringan dibuat berdasarkan senapan otomatis, dan menggunakan magazen, misalnya Browning Automatic Rifle, Bren, dan RPK, serta varian-varian dari senapan serbu seperti M16 HBAR atau L86, varian dari senapan serbu standar tentara Inggris L85. Tetapi sekarang senapan mesin ringan modern lebih banyak menggunakan sabuk amunisi, agar bisa menembak untuk waktu yang lama tanpa harus mengisi ulang. Beberapa senapan mesin ringan, seperti FN Minimi, bisa menggunakan keduanya, magazen box dan sabuk amunisi.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]