Catat masuk jarak jauh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Remote login)

Catat masuk jarak jauh adalah salah satu layanan internet yang memungkinkan seorang pengguna internet untuk mengakses (login) ke sebuah penyedia layanan dalam lingkungan jaringan internet. Dengan memanfaatkan catat masuk jarak jauh seorang pengguna dapat mengoperasikan sebuah layanan dari jarak jauh tanpa harus secara fisik berhadapan dengan penyedia Dari sana, pengguna dapat melakukan pemeliharaan menjalankan sebuah program, atau bahkan memasang program baru.

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Penggunaan catat masuk jarak jauh umumnya digunakan oleh pengurus dalam suatu jaringan. Dengan adanya layanan ini seorang pengurus sistem jaringan dapat terus memegang kendali atas masing-masing komputer di dalam jaringan tanpa harus mengaksesnya secara fisik. Layanan tersebut juga memungkinkan seorang administrator menjaga stabilitas dan menyingkirkan bahaya dari luar di dalam suatu sistem jaringan.

Protokol[sunting | sunting sumber]

Protokol yang umum digunakan untuk keperluan catat masuk jarak jauh adalah TelNet (Telecommunication network) yang berjalan pada port 23. Namun,catat masuk jarak jauh melalui TelNet memiliki risiko keamanan karena data yang dikirimkan berbentuk teks utuh (tidak dienkripsi), sehingga seseorang (termasuk para perengkah )yang menangkap paket pada jaringan (pengendusan) dapat mengumpulkan informasi-informasi mengenai penyedia tersebut dan catat masuk jarak jauh termasuk nama pengguna dan kata sandi. Untuk menanggulanginya, maka dikembangkan protokol SSH (secure shell) untuk menggantikan TelNet. Berbeda dengan TelNet, SSH bekerja pada port 22 dan data yang dikirimkan sudah dienkripsi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Edhi Sutanta.PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI.penerbit Graha Ilmu, 2005