Mindanao Utara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Region Mindanao Utara)
Mindanao Utara
Region X
Region
Pegunungan Kitanglad, Bukidnon
White Island, CamiguinAir terjun Maria Cristina, Iligan
Pelabuhan Ozamiz
Perkotaan Cagayan de Oro
Dari atas, kiri ke kanan: Pegunungan Kitanglad di Bukidnon, White Island di Camiguin, Air terjun Maria Cristina di Iligan, Pelabuhan Ozamiz di Misamis Occidental, dan perkotaan Cagayan de Oro.
Himne daerah: "Martsa Rehiyon Diyes"
Versi lama

Versi terbaru
Lokasi di Filipina
Lokasi di Filipina
NegaraFilipina
Kelompok pulauMindanao
Pusat regionCagayan de Oro
Luas
 • Total20,496,02 km2 (7,913,56 sq mi)
Populasi
 (2020)
 • Total5,022,768
 • Kepadatan250/km2 (630/sq mi)
Zona waktuUTC+8 (PST)
Kode ISO 3166PH-10

Mindanao Utara (bahasa Tagalog: Hilagang Mindanao; bahasa Cebu: Amihanang Mindanao; Maranao: Pangotaraan Mindanao) adalah sebuah region di Filipina, yang disebut dengan Region X. Region ini mempunya lima provinsi, yaitu: Bukidnon, Camiguin, Misamis Occidental, Misamis Oriental, dan Lanao del Norte, dan dua kota lainnya yang diklasifikasikan sebagai "pemukiman padat", semua provinsi berada di bagian utara Pulau Mindanao dan pulau Camiguin. Pusat region ini berada di Cagayan de Oro. Lanao del Norte menjadi bagian Mindanao Utara dari Region XII (setelah itu disebut "Mindanao Pusat") berdasarkan Peraturan Eksekutif no. 36 pada September 2001.[1]

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Nama sekarang diambil dari posisi region ini berada di Pulau Mindanao. Nama ini secara resmi ditentukan oleh orang Amerika setelah pembentukan pemerintah kolonial Amerika di Filipina setelah kemenangan pada perang revolusi Filipina. Terdapat beberapa nama yang diajukan sebagai nama baru region ini, yang mana didominasi oleh kelompok etnis Cebuano, nama-nama tersebut yaitu: Amihanan region. Amihanan secara literal adalah terjemahan dari 'bagian utara' dari Bahasa Cebuano, yang mana menjadi bahasa yang dominan di region ini.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Mindanao Utara mempunyai total wilayah sebesar 2.049.602 hektare (5.064.680 ekar).[2][3]> Lebih dari 60% wilayah Mindanao Utara adalah hutan. Wilayah perairannya menghasilkan ikan dan hasil laut lainnya. Vegetasi yang padat, sumber air natural, dan elevasi tanah yang tinggi menghasilkan iklim yang dingin dan sejuk.

Pembagian administratif[sunting | sunting sumber]

Peta Region X

Region ini mempunyai lima provinsi: Bukidnon, Camiguin, Lanao del Norte, Misamis Occidental, dan Misamis Oriental. Dua kota padat, Cagayan de Oro dan Iligan, mempunyai pemerintahan independen dari provinsi lainnya. Provinsi-provinsi ini kemudian dibagi lagi menjadi tujuh kota dan 84 munisipalitas, dengan total 2.022 barangay (wilayah administrasi terkecil). Pusat region ini adalah Cagayan de Oro.

Provinsi[sunting | sunting sumber]

Provinsi Ibu kota Kota Muni. Barangay
Bukidnon Malaybalay 2 20 464
Camiguin Mambajao 0 5 58
Lanao del Norte Tubod 0 22 462
Misamis Occidental Oroquieta 3 14 490
Misamis Oriental Cagayan de Oro 2 23 424
Cagayan de Oro 80
Iligan 44
Total 9 84 2.022

 †  Cagayan de Oro dan Iligan adalah highly-urbanized cities; secara berturut-turut bagian dari Misamis Oriental dan Lanao del Norte.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Executive Order No. 36; Providing for the Reorganization of the Administrative Regions in Mindanao and for Other Purposes". Official Gazette of the Republic of the Philippines. Malacañang, Manila, Philippines. September 19, 2001. Diakses tanggal March 29, 2016. SECTION 2. Region X, known as Northern Mindanao, is hereby reorganized and shall be composed of the following provinces and cities: a. Provinces i. Bukidnon ii. Camiguin iii. Lanao del Norte iv. Misamis Occidental v. Misamis Oriental b. Cities i. Cagayan de Oro City ii. Gingoog City iii. Iligan City iv. Malaybalay City v. Oroquieta City vi. Ozamis City vii. Tangub City viii. Valencia City, Bukidnon 
  2. ^ "List of Provinces". PSGC Interactive. Makati, Philippines: National Statistical Coordination Board. Diakses tanggal 9 Juni 2014. 
  3. ^ "List of Cities". PSGC Interactive. Makati, Philippines: National Statistical Coordination Board. Diakses tanggal 9 Juni 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]