Ramón Berenguer I

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ramón Berenguer I dan istrinya, Almodis de la Marche, menghitung 2,000 ons koin emas sebagai pembayaran untuk Raymond dari Cerdanya dan Adelaide, Comte dan Comtesse Cerdanya, sebagai ganti dari hak mereka atas Carcassonne pada tahun 1067.[1]

Ramón Berenguer I yang tua (Prancis: Ramond Berenger LeVieux, dalam Katala: el Vell) (1023–1076) merupakan seorang Comte Barcelona yang memerintah pada tahun 1035–1076. Ia mengkodifikasi hukum tertulis versi awal Katalan, Penggunaan Barcelona.

Ia meneruskan kepemimpinan ayahnya, Berenguer Ramón si Bengkok pada tahun 1035. Pada masa pemerintahannyalah posisi dominan Barcelona di antara provinsi Katalan yang lain semakin jelas.

Ramón Berenguer berperang melawan suku Moor, dan memperluas dominannya ke arah timur sampai ke Barbastro dan membebankan upeti yang berat (parias) kepada kota-kota Moor lainnya. Para sejarawan menyatakan bahwa upeti-upeti tersebut membantu menciptakan gelombang pertama kemakmuran di dalam sejarah Katalan. Selama ia memerintah kekuatan maritim Katalan mulai jatuh ke Mediterania Barat. Ramón Berenguer yang Tua juga merupakan Pangeran Katalan pertama yang memperoleh wilayah-wilayah (provinsi Carcassonne dan Razés) dan pengaruh utara Pirenia.

Prestasi besar lainnya adalah permulaan kodifikasi untuk hukum Katalan yang ditulis Usatges atau Usatici di Barcelona yang pertama dikompilasikan sepenuhnya menjadi hukum feodal di Eropa Barat. Kodifikasi legal itu adalah bagian dari berbagai upaya pangeran untuk memajukan dan mengendalikan proses feodalisasi yang dimulai sejak pemerintahan ayahnya yang lemah, Berenguer Ramón I. Kontribusi lainnya adalah Gereja yang bekerja melalui institusi Perdamaian dan Gencatan Senjata Tuhan. Hal ini membentuk sebuah gencatan senjata umum di kalangan kelompok yang berperang dan kekuasaan di daerah-daerah tertentu pada waktu tertentu. Waktu terawal untuk memperkenalkan Perdamaian dan Gencatan Senjata Tuhan di Eropa Barat adalah pada tahun 1027 di Katalonia, selama masa pemerintahan Ramón Berenguer yang Tua.

Ramón Berenguer I bersama istri ketiganya Almòdis, juga menemukan Katedral Roma di Barcelona, untuk menggantikan Basilika yang lebih tua yang diperkirakan dihancurkan oleh Almanzor. Beludru dan kuningan terikat peti kayu dipamerkan di sebuah gedung katedral Gothik yang menggantikan bangunan milik Ramón Berenguer.

Ia digantikan oleh anak-anak kembarnya, Ramón Berenguer II dan Berenguer Ramón II.

Keluarga & Keturunan[sunting | sunting sumber]

Makam Ramón Berenguer I dan istrinya Almodis de la Marche di Katedral Barcelona.
  • Istri Pertama, Isabel/Elisabeth dari Narbonne atau dari Béziers
    • Berenguer (mati muda)
    • Arnau (mati muda)
    • Pere Ramón (1050-1073?), membunuh istri ayahandanya, Almodis, dan diasingkan
  • Istri Kedua, Blanca de Narbonne, putri Wolf Ato Zuberoa dan Ermengarda dari Narbonne.
  • Istri Ketiga, Almodis de la Marche, Comtesse Limoges

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Charles Julian Bishko (1968–9), "Fernando I and the Origins of the Leonese-Castilian Alliance with Cluny," Studies in Medieval Spanish Frontier History (Variorum Reprints), 40.
Didahului oleh:
Berenguer Ramón I
Comte Barcelona
1035–1076
Diteruskan oleh:
Ramón Berenguer II