Pelindung piza

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Pizza saver)
Pelindung piza plastik
Piza dalam kotak kemasan yang sudah diberi pelindung piza

Pelindung piza (Inggris: pizza saver) adalah benda yang digunakan untuk mencegah bagian atas dari kemasan makanan, seperti kotak piza atau kotak kue jatuh atau melesak ke dalam dan menyentuh makanan di dalamnya. Fungsi tambahan dari benda ini juga untuk menjaga agar piza tidak jatuh saat diantar dalam keadaan sudah dipotong.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pelindung piza biasanya dibuat dari plastik dan berkaki tiga, terkadang empat. Mereka seringkali berwarna putih, dan biasanya diletakkan di tengah-tengah kotak piza sebelum ditutup untuk diantar ke pelanggan. Pelindung piza tidak digunakan ulang dan biasanya dibuang oleh pemakainya, walaupun beberapa orang menemukan cara unik untuk menggunakan ulang alat tersebut,[2] seperti misalnya untuk menaruh telur saat pelindung piza ini diletakkan terbalik.[1]

Pada 1974, Claudio Daniel Troglia asal Buenos Aires, Argentina, telah mengajukan hak paten untuk sebuah bangku berkaki tiga dari plastik yang dapat diletakkan di tengah-tengah kotak dan menjaga bagian atas kemasan tidak melengkung ke dalam dan menyentuh piza, yang ia sebut sebagai "SEPI" (singkatan untuk "Separador de pizza", alias "pemisah piza"), juga dikenal dengan nama "guardapizza" atau "cosito de la pizza";[3] tetapi, paten tersebut tidak diperpanjang.[4] Pada 1985, Carmela Vitale asal Dix Hills, New York, mengajukan kembali paten untuk alat yang fungsinya mirip.[1][5] Vitale menyebut modelnya sebagai "package saver" ("penjaga kemasan") dan menggunakan istilah tersebut sebagai nama patennya. Namun, nama itu kemudian diubah menjadi "pizza saver" karena alat tersebut memang lebih lazim digunakan untuk kotak piza.[1] Paten tersebut diajukan pada 10 Februari 1983 dan dirilis pada 12 Februari 1985[6] dan tidak diperpanjang lagi sejak 1993.

Alat ini seringkali digunakan kembali oleh anak-anak sebagai meja kecil sebagai dudukan untuk mainan atau figur yang ukurannya sama kecilnya, seperti misalnya figur karakter G.I. Joe di era 1980-an.

Variasi dari alat ini juga pernah diciptakan oleh orang lain, seperti misalnya spatula sekali pakai yang gagangnya membantu menjaga tutup kotak. Modifikasi lainnya juga misalnya tripod plastik yang sama seperti desain yang dirancang Vitale dan Troglia, namun dengan salah satu kaki berbentuk mirip pisau, yang dapat digunakan untuk memudahkan memotong potongan keju dan roti yang masih menempel.[1] Beberapa restoran piza tidak lagi menggunakan pelindung piza plastik dan kembali menggunakan cara lama dengan membuat bola roti di bagian tengah dari piza mereka.

Karena alat ini berbentuk seperti (dan terkadang juga disebut) "meja", pada pertengahan tahun 2018, jaringan restoran piza asal Kanada, Boston Pizza membuat kampanye promosi yang dapat mengubah "meja" piza tersebut menjadi seperangkat patio, dengan menambahkan plastik miniatur berbentuk kursi yang mengelilingi meja piza.[7] Pada Maret 2020, Pizza Hut Hong Kong dan penjual furnitur IKEA melakukan kerja sama dengan menciptakan meja sampingan bernama SÄVA, yang sengaja didesain mirip seperti meja piza. Meja ini juga dikemas dalam kemasan yang dibuat mirip seperti kotak piza, dan petunjuk pemasangan di dalamnya bertuliskan saran untuk memesan menu Swedish meatball di Pizza Hut, yang rupanya sama persis seperti menu bola daging yang khas dijual di restoran IKEA.[8][9]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e Henry Petroski. "A Round Pie in a Square Box", American Scientist, July–August 2011.
  2. ^ "Tool Time Tuesday...Recycled Pizza Box Support". Sewmanyways.blogspot.co.at. Diakses tanggal 7 January 2018. 
  3. ^ "Modelo Nro.: 24980 - Separador entre la pizza y el envase". Instituto Nacional de la Propiedad Industrial. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-06-28. Diakses tanggal 31 May 2020. 
  4. ^ "Se llama guardapizza, aquí su historia". Sitiosargentina.com.ar. 1 August 2017. Diakses tanggal 7 January 2018. 
  5. ^ Finnemore, John (17 September 2013). "Episode 3". John Finnemore's Souvenir Programme. Seri ke-3. Episode ke-3. Berlangsung pada 10:37. BBC. BBC Radio 4. Diakses tanggal 18 April 2018. 
  6. ^ US 4498586, Vitale, Carmela, "Package saver", dikeluarkan tanggal 1985 
  7. ^ "There are now tiny chairs next to the tiny table that comes with your pizza". Lost At E Minor: For creative people (dalam bahasa Inggris). 2018-07-30. Diakses tanggal 2019-03-11. [pranala nonaktif permanen]
  8. ^ Allen, Kelly (11 March 2020). "IKEA and Pizza Hut Collabed to Make a Table Inspired by the Stands in Pizza Boxes". House Beautiful. Diakses tanggal 17 March 2020. 
  9. ^ Lindsay, Jessica (18 March 2020). "Ikea and Pizza Hut team up to create three-legged table that looks just like the 'saver' in your pizza box and meatball pizza". Metro. Diakses tanggal 23 July 2013.