Pitiriasis rosea

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Pitiriasis Rosea)


Pitiriasis rosea

Pitiriasis rosea adalah penyakit kulit yang muncul sebagai ruam dan dapat berlangsung dari beberapa minggu sampai beberapa bulan.[1] Kenampakan ruam mungkin berbeda dari orang ke orang.[1] Penyakit kulit ini sering menyerang saat musim semi dan musim gugur, dan dapat menyerang remaja dan dewasa muda.[1] Pityriasis rosea jarang terjadi pada mereka berusia lebih dari 60 tahun.[1] Penyakit ini bisa berlangsung lebih lama bila terjadi pada kelompok usia ini.[1] Ruam kulit mengikuti pola yang sangat khas.[1] Pada 3/4 kasus, satu kasus yang terisolasi berbentuk oval bersisik dan muncul pada tubuh, terutama pada bagian lengan atas, leher, dan paha.[1] Pada beberapa pasien, ruam ini dapat terlihat seperti penyakit kulit lain. Hal ini dapat terlihat seperti kurap atau jenis eksem yang disebut dermatitis nummular. .[2] Ruam mulai sembuh setelah 2-4 minggu dan biasanya hilang 6-14 minggu.[1] Pityriasis rosea biasanya hilang tanpa pengobatan.[2] Jika pasien memiliki gatal tak tertahankan, dokter kulit biasanya akan meresepkan obat untuk membantu meringankan gatal.[2] Ruam biasanya hilang dengan sendirinya dan tanpa meninggalkan jejak.[2] Beberapa orang dengan kulit gelap ruam berbentuk datar dan bintik-bintik cokelat setelah ruam dibersihkan.[2] Bintik-bintik ini bisa berlangsung selama berbulan-bulan, tetapi mereka akhirnya juga memudar.[2]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h "Pityriasis Rosea". AOCD. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-06-07. Diakses tanggal 25 Juni 2014. 
  2. ^ a b c d e f "Pityriasis rosea: Diagnosis, treatment, and outcome". America Academy of Dermacology. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-07-01. Diakses tanggal 25 Juni 2014.