Perpesanan pribadi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Pesan pribadi)

Perpesanan pribadi (Inggris: direct message, private message, private chat) (disingkat PM, DM atau PC) mengacu pada komunikasi pribadi yang dikirim atau diterima oleh pengguna saluran komunikasi pribadi pada platform tertentu. Tidak seperti posting publik, PM hanya dapat dilihat oleh peserta. Meskipun sudah lama menjadi fungsi yang ada di IRC dan forum internet, saluran pribadi untuk PM baru-baru ini semakin populer karena meningkatnya permintaan akan privasi dan kolaborasi pribadi di sosial media.

Ada dua jenis utama pesan pribadi. Salah satu jenisnya termasuk yang ditemukan di IRC[1] dan forum internet,[2] serta di perangkat lunak aplikasi media sosial seperti Twitter, Facebook, dan Instagram, di mana fokusnya adalah posting publik, PM memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi secara pribadi tanpa meninggalkan platform. Jenis kedua adalah yang disampaikan melalui platform pesan instan seperti WhatsApp, Kik, dan Snapchat, di mana pengguna membuat akun terutama untuk bertukar PM.[3] Jenis ketiga, perpesanan padan-ke-padan, terjadi ketika pengguna membuat dan memiliki infrastruktur yang digunakan untuk mengirim dan menyimpan pesan; meskipun fitur-fiturnya bervariasi tergantung pada aplikasinya, namun mereka memberikan kontrol penuh kepada pengguna atas data yang mereka kirimkan. Contoh perangkat lunak yang memungkinkan pengiriman pesan seperti ini adalah iklan baris.[4]

Selain berfungsi sebagai alat untuk terhubung secara pribadi dengan teman dan keluarga, PM telah mendapatkan momentum di tempat kerja. Para profesional yang bekerja menggunakan PM untuk menjangkau rekan kerja di ruang lain dan meningkatkan efisiensi selama rapat. Meskipun bermanfaat, penggunaan PM di tempat kerja dapat mengaburkan batas antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.[5][6][3][7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tatters, Wes (1995). Navigating the Internet with America Online (dalam bahasa Inggris). Sams.net. hlm. 215. ISBN 978-0-672-30763-8. 
  2. ^ Khorasani, Manouchehr Moshtagh (2008). The Development of Controversies: From the Early Modern Period to Online Discussion Forums (dalam bahasa Inggris). Peter Lang. hlm. 11. ISBN 978-3-03911-711-6. 
  3. ^ a b "Advantages and disadvantages of an instant messenger". (n.d.). Diambil dari "Advantages and Disadvantages of an Instant Messenger". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-07-28. Diakses tanggal 2014-03-19. 
  4. ^ Catalin Chelariu. 2016, May 31. Classified ads. Diambil dari "Softpedia - Classified Ads"
  5. ^ Lee, T. 2010, September 30. "Power of the personality message". Diambil dari "NY Times - Reaching and Persuading the Masses"
  6. ^ "My messages" [Online forum comment]. Diambil dari "WikiSimplemachines.org - Personal Messages"
  7. ^ Wagner, K. (2013, December 27). "Why social networks are crazy private messaging". Diambil dari Mashable