Skala pentatonik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Pentatonik)

Skala pentatonik atau tangga nada pentatonik adalah suatu skala dalam musik dengan lima not per oktaf. Skala pentatonik biasanya digunakan sebagai dasar dalam memainkan jenis musik blues . Ada dua skala pentatonik yang paling sering digunakan yaitu skala pentatonik "Major dan skala pentatonik "Minor" . Pola interval pada skala penatonik "Major" adalah M2-M2-m3-M2-m3, sementara pada skala pentatonik "Minor" adalah m3-M2-M2-m3-M2.

Skala pentatonik ditemukan di seluruh dunia: dalam tuning krar di Ethiopia dan gamelan di Indonesia, juga pada melodi dari lagu spiritual Afrika-Amerika dan komponis Claude-Achille Debussy. Tangga nada pentatonik pada umumnya digunakan pada musik tradisional di Indonesia misalnya pada musik gamelan.

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

  • Pentatonicism from the Eighteenth Century to Debussy by Jeremy Day-O'Connell (University of Rochester Press 2007) – the first comprehensive account of the increasing use of the pentatonic scale in 19th century Western art music, including a catalogue of over 400 musical examples.
  • Trần Văn Khê "Le pentatonique est-il universel? Quelques reflexions sur le pentatonisme", The World of Music 19, nos. 1–2:85–91 (1977). English translation p. 76–84
  • Kurt Reinhard, "On the problem of pre-pentatonic scales: particularly the third-second nucleus", Journal of the International Folk Music Council 10 (1958).
  • Yamaguchi, Masaya (New York: Charles Colin, 2002; Masaya Music, Revised 2006). Pentatonicism in Jazz: Creative Aspects and Practice. ISBN 0-9676353-1-4
  • Jeff Burns, Pentatonic Scales for the Jazz-Rock Keyboardist (1997).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]