Penjelajahan Kutub Selatan Amundsen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Berkas:At the South Pole, December 1911.jpg
Roald Amundsen, Helmer Hanssen, Sverre Hassel dan Oscar Wisting (kiri ke kanan) di "Polheim", mendirikan sebuah tenda di Kutub Selatan pada 16 Desember 1911. Bendera yang dikibarkan adalah Bendera Norwegia; bagian bawahnya ditandai "Fram". Difoto oleh Olav Bjaaland.

Penjelajahan pertama yang mencapai Kutub Selatan geografik dipimpin oleh penjelajah Norwegia Roald Amundsen. Ia dan empat orang lainnya datang ke kutub tersebut pada 14 Desember 1911,[n 1] lima pekan sebelum sebuah rombongan Inggris pimpinan Robert Falcon Scott sebagai bagian dari Penjelajahan Terra Nova. Amundsen dan timnya kembali dengan selamat ke pangkalan mereka, dan kemudian mengetahui bahwa Scott dan empat rekannya tewas dalam perjalanan pulang mereka.

Catatan dan referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan

  1. ^ Beberapa sumber menyebut tanggal 15 Desember. Sejak hemisfer barat dan timur—dan Garis Tanggal Internasional—bertemu di Kutub Selatan, kedua tanggal tersebut dianggap benar, meskipun Amundsen menyebut tanggal 14 Desember, baik dalam laporan telegrafi pertamanya saat datang ke Hobart, dan dalam catatan lengkapnya The South Pole.[1][2]

Referensi

  1. ^ Huntford (The Last Place on Earth) 1985, hlm. 511.
  2. ^ Amundsen, hlm. xvii, Vol. I.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]