Penghimpunan hala

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Penghimpunan hala atau juga di kenal dengan sebutan supernetting atau route summarization. Merupakan penggabungan dari beberapa jaringan yang lebih kecil untuk di satukan menjadi satu jaringan yang kemudian diiklankan di Internet untuk mengurangi jumlah baris jaringan IP di daftar penghalaan sejagat (global routing table). Proses pembentukannya sering disebut supernetting, route aggregation, atau route summarization. Manfaat dari penghimpunan hala adalah mempersingkat routing table sebuah router sehingga menghemat memori pada router tersebut. Hal ini memungkinkan organisasi untuk menyesuaikan ukuran jaringan mereka dan mengurangi kebutuhan peralatan routing jaringan dengan menjumlahkan rute yang terpisah.

Kelebihannya yaitu mempersingkat routing table sebuah router sehingga menghemat memori pada router. Namun konsep supernet memiliki beberapa kelemahan, yaitu kemampuan untuk menyesuaikan panjang pengenal jaringan dibuat lebih sulit bagi pengurus sistem untuk membedakan antara pengenal jaringan dan pengenal host. Untuk mengatasi masalah ini, gaya baru penulisan alamat IP diperkenalkan. Dalam model baru ini, yang disebut notasi CIDR, atau notasi garis miring, garis miring berikut alamat IP, yang diikuti dengan jumlah bit yang digunakan untuk network ID.

Sebagai contoh, NAP menerima beberapa prefiks dari ISP A dan ISP B. Misal Penyelenggara Jasa Internet A mengiklankan beberapa prefiks 192.168.0.0/23 dan Penyelenggara Jasa Internet B mengiklankan 192.168.2.0/23. Maka NAP bisa menggabungkan kedua prefiks tersebut menjadi satu 192.168.0.0/22. Sehingga mengurangi jumlah baris jaringan yang diiklankan ke luar.