Penerbangan ultraringan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Penerbangan ultraringan (disebut penerbangan ultralight/microlight di beberapa negara) adalah penerbangan dengan mengggunakan pesawat terbang dengan bobot ringan, kecepatan rendah dan berpenumpang 1 atau 2 orang.

Perkembangan dan regulasi peswat terbang dan penerbangan ultraringan di beberapa negara berbeda beda.[1] Di sebagian besar negara maju dan kaya, penerbangan mikro atau pesawat ultraringan sekarang merupakan persentase signifikan dari pesawat sipil global. Misalnya di Kanada pada bulan Februari 2018, armada pesawat ultraringan mencapai 20,4% dari total pesawat sipil yang terdaftar.[2] Di negara lain yang tidak mendaftarkan pesawat ultraringan, seperti Amerika Serikat, tidak diketahui berapa proporsi total armada yang mereka buat. Di negara-negara di mana tidak ada peraturan khusus, pesawat ultraringan dianggap pesawat reguler dan tunduk pada persyaratan sertifikasi pesawat dan pilot.

Jenis pesawat[sunting | sunting sumber]

Ada beberapa kategori pesawat yang memenuhi syarat sebagai ultralight di beberapa negara:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Boric, Marino, Spoilt For Choice, Bayerl, Robby; Martin Berkemeier; et al (editors): World Directory of Leisure Aviation 2011-12, page 10. WDLA UK, Lancaster UK, 2011. ISSN 1368-485X
  2. ^ Transport Canada (February 2018). "Canadian Civil Aircraft Register: Number of Aircraft by Category Result". Diakses tanggal 20 March 2018.