Pembicaraan Wikipedia:Halaman Utama/Juni 2006

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
  • Tampilan halaman utama harus sederhana, enak dilihat, dan mengundang orang berpartisipasi.
  • Bagian utama:
    1. Kotak selamat datang, pencarian, dan navigasi utama
    2. Kategori utama (belum tersedia)
    3. Artikel pilihan. Gambar harus dipindahkan ke sebelah kiri.
    4. Gambar pilihan. Gambar harus dipindahkan ke sebelah kiri.
    5. Hari ini dalam sejarah
    6. Peristiwa terkini. Jumlah beritanya harus dipangkas.
  • Bagian proyek
    1. Proyek lain
    2. Bahasa lain. Menggantikan interwiki, sehingga interwiki di sebelah kiri tidak diperlukan lagi.

Mohon pendapat dan masukan. ---- IvanLanin 12:26, 8 Juni 2006 (UTC)

layoutnya bagus. kotak pencarian di bagian atas/utama juga ok, karena mempercepat orang menemukan cara mencari halaman, meski jadi duplikasi dengan kotak pencarian standar yg ada di kiri. Keterangan tentang wiki juga memang tidak perlu lagi dipasang di bagian utama, sehingga jadi lebih sederhana. Peristiwa terkini juga memang harus dipangkas, terlalu panjang.
Bagian bahasa lain menurut saya kurang ok, karena tempat interwiki yg standar bakal jadi kosong, padahal ini bisa dimanfaatkan buat link ke wiki bahasa lain. Sementara posisi bagian bahasa lain jadi bikin halaman utama tambah panjang dan perlu scrolling panjang untuk mengaksesnya. Saya pribadi sih lebih suka akses lewat interwiki, karena sudah terurut berdasarkan kode negara, sehingga mudah menemukannya. kisti 12:53, 8 Juni 2006 (UTC)

Thx komentarnya

  • Duplikasi pencarian: agak mencontoh google sebenarnya :) Tujuannya untuk meningkatkan usability karena orang langsung melihat jelas. Tapi memang duplikat.
  • Interwiki: tidak ada preferensi. Tetap mempertahankan sebelah kiri juga OK. Cuma berusaha tampil beda aja :)

-- IvanLanin 12:58, 8 Juni 2006 (UTC)

Pindahan dari Warung Kopi[sunting sumber]

Saya mengusulkan alternatif tampilan halaman utama. Silakan berkomentar :) ---- IvanLanin 12:29, 8 Juni 2006 (UTC)

Setuju cute hehehe. Gua suka! --Ambarawa 13:12, 8 Juni 2006 (UTC)

Bagus nian, Van! Usul saya, bagaimana kalau bagian Wikipedia dalam bahasa lain lebih menonjolkan Wikipedia dalam bahasa daerah kita (soale, dengan tampilan sekarang, Wikipedia edisi bahasa Sunda kagak muncul... hiks... hiks... Huehue...) --kandar 15:40, 8 Juni 2006 (UTC)

Betul juga. Nanti coba dipikirkan bagaimana caranya :) Kalau mau menyunting sendiri, silakan lho :) --- IvanLanin 15:45, 8 Juni 2006 (UTC)

Bos, ini dari sudut mata gw anak desain aja yah hehehe. Artikel pilihan harusnya pake judul dengan latarnya warna orange, supaya menarik perhatian, soalnya itu good stuffnya id.wikipedia. Terus bagian bawah gw pikir ga perlu lah ada daftar wikipedia dalam 1000+ artikel. Soalnya bikin mata jadi mumet, kesannya tampilan depan wikipedia jadi ribet. Potong aja sampai wikipedia dengan 10000+ artikel. Toh yang 1000+ itu jarang dibuka. Hariadhi 15:48, 8 Juni 2006 (UTC)

Naaahhh... ini dia nih, ada anak desain. Ayo, bantu ganti2x tampilannya. Kuserahkan padamu dengan rela untuk diteruskan. Awas kalau gak bagus ya!!! :) --- IvanLanin 15:50, 8 Juni 2006 (UTC)

Menurut saya, berbeda dengan edisi bahasa Inggris yang multinasional, di Wikipedia ini kita nggak perlu menampilkan deretan sebanyak itu, cukup beberapa edisi yang berada di posisi puncak, plus edisi bahasa daerah. Untuk menyunting, saya nggak begitu bisa dalam rancang-merancang tampilan web. Jadi, saya pasrahkan kepada ahlinya (alesan... yang jelas mah males...) --kandar 15:53, 8 Juni 2006 (UTC)

bah...mending bikin artikel daripada ngurusin tampilan hahah heheh hihihii... Gw ga begitu ngerti perintah2 di wikipedia nanti malah jadi kacau. Bikin aja dulu nanti gw komentarin apalagi yang ga enak di mata. Hariadhi 15:55, 8 Juni 2006 (UTC)

Ok :P --- IvanLanin 15:57, 8 Juni 2006 (UTC)

Warna sudah diganti, bahasa "serumpun" ditonjolkan, 1000+ disembunyikan (walaupun kasihan juga) :) --- IvanLanin 17:37, 8 Juni 2006 (UTC)
sekedar gambling: coba deh box di bagian atas (yang ada fasilitas "cari" itu) diisi warna abu2 agak lebih pekat (ambil abu2nya dari logo wikipedia). Kayanya kotak itu kurang "berisi". Atau coba warna ungu kaya yang di kotak Peristiwa terkini kalau mau rada centil.Hariadhi 17:56, 8 Juni 2006 (UTC)
Wow desain yang baru in bagus sekali! Sekadar usul, gimana kalo bagian berita dikurangi dan di bawahnya ditambahkan bagian 'Tahukan Anda?' seperti yang dulu pernah diusulkan? Kemudian bagian Wikipedia dalam bahasa lain dijadikan interwiki seperti skrg saja supaya halamannya lebih pendek. Untuk link2 ke bahasa daerah Indonesia.... mungkin perlu dimasukkan ke kotak berwarna biru di atas (nanti saya coba ubah kalo bs) Hayabusa future (bicara) 00:01, 9 Juni 2006 (UTC)
Hehe, saya baru saja mengusulkan hal yang sama (tahukah Anda) di halaman diskusi ybs :)) Dan sepertinya kalau kita jadi menambahkan bagian Tahukan Anda, bagian Peristiwa Terkini bisa dibiarkan agak panjang agar seimbang. borgx(kirim pesan) 00:05, 9 Juni 2006 (UTC)

Saya hilangkan kata-kata "Halaman Utama" seperti ala en.wikipedia. (cache perlu dibersihkan) Ada pendapat? borgx(kirim pesan) 00:09, 9 Juni 2006 (UTC)

Barusan warna tabel atas (biru) saya ganti jadi putih agar lebih enak dibaca tulisannya sekaligus menonjolkan kotak pencarian (mungkin ini cuma pendapat saya) Hayabusa future (bicara) 00:21, 9 Juni 2006 (UTC)
Borgx, bagian Tahukah Anda maksudnya akan masuk di bawah Peristiwa terkini, jadi justru beritanya yang akan dipangkas. Hayabusa future (bicara) 00:23, 9 Juni 2006 (UTC)
Oo jadi ditaruh di kanan? Saya kira akan ditaruh di bawah "Hari ini dalam sejarah" (kiri). Ukuran "Tahukan Anda" kan kurang lebih sama dengan "Hari ini dalam sejarah" (bisa juga lebih), bagian "Peristiwa Terkini" bisa terpangkas kurang lebih 1/3-nya, apa gak terlalu pendek jadinya? borgx(kirim pesan) 00:27, 9 Juni 2006 (UTC)
Saya kira tidak apa-apa, karena sudah menjadi rencana dari dulu bahwa bagian "peristiwa terkini" akan dikurangi. Hayabusa future (bicara) 01:35, 9 Juni 2006 (UTC)
boleh.. boleh.. bagus nih tampilan baru nya -- Ciko bicara 02:12, 9 Juni 2006 (UTC)
Ok sementara sudah saya tambahkan "Tahukah Anda" di bawah "BeritaUtama" borgx(kirim pesan) 03:14, 9 Juni 2006 (UTC)

Gwe suka banget ama halaman utama yg baru.. lebih eye-catching ama simpel (+ringkas) ^^ tapi gwe prefer bg "Tahukah Anda" diubah jadi wrna ijo muda soft (#99FF99) ketimbang #C4FFE2 (biru muda keijo2an). coba diliat dolo aja, cocok ga? :) -- blizzard_youkai [talk] 05:22, 9 Juni 2006 (UTC)

OK. Btw, kalau ada ingin membantu memperbagus tampilan, monggo, langsung saja lho :) --- IvanLanin 05:32, 9 Juni 2006 (UTC)

Kalo udah jadi & bagus, gue jiplak untuk Wikipedia Sunda, yak?!! Huahahahah... Ups, soale lebih keren daripada English punya. --kandar 09:06, 9 Juni 2006 (UTC)

Van yang artikel pilihan sebelumnya, tulisannya rada disamain dong. Soalnya, entah kenapa, kok efeknya gue rada nyari nyari... yang sebelumnya mana nih? Oh ini...
Trus kalo bisa pake bintang dan oranye juga versi kecil. Jaman baheula, audience are urged to click artikel sebelumnya by it's design. :)
Good job! Serenity 09:25, 9 Juni 2006 (UTC)

Font untuk artikel pilihan sebelumnya kini telah diganti dengan font yang sama dengan teks di sekelilingnya. Hayabusa future (bicara) 10:19, 9 Juni 2006 (UTC)

Kotak selamat datang[sunting sumber]

Kotak selamat datang saya ganti warnanya menjadi abu-abu muda agar tak terlalu "kosong" dan jarak dengan bagian atas diperpendek. Komentar? --- IvanLanin 07:48, 9 Juni 2006 (UTC)

Saya kira bagus juga. Dibandingkan biru, abu2 yang ini memang lebih pas dan enak di mata pula. Hayabusa future (bicara) 09:49, 9 Juni 2006 (UTC)

Gwe coba kasih border wrn abu2 yg lebih tua sdikit (#cccccc) drpd background dlm-nya. gmn? -- blizzard_youkai [talk] 11:02, 9 Juni 2006 (UTC)

Kotak cari judul dan cari isi[sunting sumber]

Apakah kotak ini diperlukan? Sebab pada field kiri tengah sudah ada? Meursault2004 09:39, 9 Juni 2006 (UTC)

Sepertinya si Ivan mencontek dari Wikipedia bahasa Spanyol dan sv:Wikipedia bahasa Swedia :) Mungkin maksudnya agar dapat menarik perhatian pembaca bahwa "ada lho yg namanya "search" , disini..." dibandingkan kotak search dikiri yg relatif kurang mendapat perhatian langsung. Sayangnya masih belum ketemu javascript agar focusnya langsung di textbox search tsb. borgx(kirim pesan) 09:49, 9 Juni 2006 (UTC)

kalo dari aspek usability, memang bagian yang seharusnya paling sering digunakan/diperlukan orang, diletakkan pada bagian yang paling mudah ditemui. Dengan asumsi pengguna wikipedia akan selalu memerlukan cara mencari artikel, maka lokasi paling tepat buat kotak pencarian ya di bagian fokus utama. Kalo bisa diatur supaya fokusnya langsung ke kotak pencarian tersebut, lebih keren lagi :). Btw, sebenarnya buat pengguna setia wiki, bagian yg paling sering digunakan kali Recent changes ya. Tapi pengguna jenis ini sih udah otomatis buat cari posisi recent changes di bagian sebelah kiri... kisti 10:05, 9 Juni 2006 (UTC)