Lompat ke isi

Pasar Gawok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Pasar gawok)
Proses peresmian Pasar Gawok yang dilakukan oleh Wardoyo Wijaya (Bupati Sukoharjo).

Pasar Gawok merupakan pasar tradisional yang terletak di Desa Geneng, Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Pasar ini dulunya terkenal dengan sebutan Pasar Lanang (Pasar Laki-laki), hal ini disebabkan karena pengunjung Pasar Gawok mayoritas adalah laki-laki yang melakukan transaksi jual-beli peralatan, alat bertani, dan lain sebagainya. Lokasi Pasar Gawok cukup strategis karena hanya berjarak satu kilometer dari Stasiun Gawok.

Keunikan Pasar Gawok terletak pada jam bukanya, yakni setiap pasaran Pon dan Legi. Barang-barang yang dijual bervariasi, mulai dari alat pertanian, tanaman hias, hewan unggas, alat pertukangan, besi, dan pakaian.

Awal berdiri[sunting | sunting sumber]

Pasar Gawok ini diyakini sebagai Pasar Rakyat yang sudah berdiri pada abad ke-19. Saat itu diketahui bahwa Pasar Gawok memiliki ciri khas dalam menjual kebutuhan petani. Hal inilah yang membuat Pasar Gawok terasa istimewa dibanding pasar-pasar lain dikarenakan tidak semua pasar ada yang menjual kebutuhan alat pertanian melainkan menjual barang-barang yang mainstream seperti sayur-sayuran maupun buah-buahan.[1]

Pada medio tahun 1900-an, Pasar Gawok juga sudah difungsikan sebagai tempat beraktivitas masyarakat setempat yang ditandai dengan keberadaan pabrik gula dari perusahaan Belanda.[1]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Anang Maruf Bagus, Yuniar. "Asal-Usul Pasar Gawok Sukoharjo, Berdiri Sejak Abad ke-19: Dikenal dengan Pasar Lanang". Tribunsolo.com. Diakses tanggal 21 Juni 2022.