Qinmindang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Partai Pertama Rakyat)
Lompat ke: navigasi, cari
Partai Pertama Rakyat
親民黨
Qīnmíndǎng
Pemimpin James Soong
Didirikan 31 Maret 2000
Kantor pusat Taipei, Taiwan
Ideologi Sentrisme[1]
Unifikasi Tiongkok
Konservatisme liberal
Posisi politik Tengah ke Tengah-kanan
Legislatif Yuan
2 / 113
Anggota dewan daerah
13 / 906
Situs web
pfp.org.tw
People First Party
Hanzi tradisional:
Hanzi sederhana:


Lambang Partai Pertama Rakyat

Partai Pertama Rakyat (Hanzi: 親民黨, Pinyin: Qīnmín Dǎng) adalah sebuah partai politik di Taiwan, Republik Tiongkok. Partai ini muncul sebagai ketidakpuasan dari kepemimpinan Lee Teng-hui dalam Kuomintang yang tidak menyetujui James Soong mewakili Kuomintang menjadi kandidat pemilihan presiden tahun 2000. James Soong kemudian atas dorongan para pendukungnya membentuk partai baru yang sehaluan dengan Kuomintang namun berbeda asas.

Pada dasarnya, partai ini berkerjasama dengan Kuomintang di dalam banyak pengambilan keputusan di badan legislatif dan membentuk Pan Biru yang pro-reunifikasi dengan Cina. Partai lain yang juga merupakan anggota Pan Biru adalah Partai Baru.

Partai ini sejak didirikannya sampai sekarang terus dipimpin oleh James Soong yang dianggap sebagai pemimpin spiritual partai. Pada pemilihan presiden tahun 2004, James Soong mewakili Partai Pertama Rakyat mencalonkan diri sebagai calon wapres bersama dengan Lien Chan yang mewakili Kuomintang.

Beberapa tahun belakangan ini, dorongan dari anggota partai untuk bergabung kembali dengan Kuomintang makin kuat terdengar. Kedua partai telah menandatangani memorandum rencana penggabungan kedua partai ini selambat-lambatnya pada tahun 2007.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "政策綱領". pfp.org.tw. Diakses tanggal 2016-06-19.