Paramedis hewan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Paramedik veteriner)
Teknisi veteriner Angkatan Darat Amerika Serikat sedang membantu operasi anjing militer

Paramedis hewan, paramedis veteriner, atau teknisi veteriner (sering juga ditulis sebagai paramedik hewan atau paramedik veteriner) adalah orang yang bekerja secara profesional menerapkan ilmu kedokteran hewan di bawah penyeliaan dokter hewan. Pekerjaan yang dilakukan oleh paramedis hewan bervariasi antara satu negara dengan negara lain. Beberapa negara mengizinkan paramedis hewan yang berkualifikasi untuk melakukan praktik mandiri secara otonom, sedangkan negara lain membatasi praktik mereka dan menjadikan mereka sebagai asisten tenaga profesional lain.

Kompetensi[sunting | sunting sumber]

Setelah lulus pendidikan, seorang paramedis hewan wajib memiliki sejumlah kompetensi. Secara garis besar, kompetensi minimum yang direkomendasikan Organisasi Kesehatan Hewan Dunia (OIE) meliputi 16 lingkup aktivitas paramedis hewan, yang kemudian dikelompokkan dalam tiga jalur, yaitu laboratorium, kesehatan hewan, dan kesehatan masyarakat. Keenam belas aktivitas tersebut yaitu ilmu hewan dan veteriner; ilmu laboratorium; keamanan dan keselamatan hayati serta kesehatan dan keselamatan kerja; komunikasi; legislasi, kebijakan, etika, dan profesionalisme veteriner; penggunaan dan manajemen peralatan dan fasilitas; penanganan hewan dan kesejahteraan hewan; produksi hewan dan ekonomi pertanian; pengambilan sampel dan spesimen; pengujian lapangan dan laboratorium; manajemen mutu laboratorium; manajemen aliran kerja; pencatatan riwayat, koleksi data, dan manajemennya; program pencegahan dan pengendalian penyakit; produk-produk veteriner; dan higiene makanan.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Organisasi Kesehatan Hewan Dunia (2018). OIE Competency Guidelines for Veterinary Paraprofessionals (PDF). Paris: World Organisation for Animal Health. hlm. 5–9. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]