Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Malalo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari PPTI Malalo)
Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Malalo
Alamat

,
Situs webPPTI Malalo
Informasi
JenisPondok pesantren
Didirikan1930
PendiriSyekh Zakaria Lb. Sati
PengasuhBuya H. Izzuddin Zakaria Dt. Panduko Nan Banso
Lain-lain
Moto

Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Malalo, disingkat PPTI Malalo, adalah pondok pesantren yang terletak di Padang Laweh Malalo, Tanah Datar. Lembaga pendidikan Islam ini didirikan oleh Syekh Zakaria Labai Sati, ulama Naqsyabandiyah dan tokoh Persatuan Tarbiyah Islamiyah.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada 1926, Syekh Zakaria Labai Sati memperoleh ijazah dari Syekh Muhammad Jamil Jaho yang dikenal sebagai pendiri Madrasah Tarbiyah Islamiyah (MTI) Jaho. Atas permintaan dari masyarakat Padang Laweh Malalo, Syekh Zakaria mendirikan lembaga pendidikan dengan nama Madrasah Tarbiyah Islamiyah Malalo pada 1930, mengikuti nama madrasah milik Syekh Jamil Jaho.[1]

Pada 1988, MTI Malalo berganti nama menjadi Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Malalo. Penggantian nama ini diresmikan oleh Gubernur Sumatera Barat, Azwar Anas.[2]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Syekh Zakaria Labai Sati Malalo: Ahli Ushul dan Mantiq, Pemuka Tarekat Naqsyabandiyah". Tarbiyah Islamiyah. 18 November 2019. Diakses tanggal 26 Januari 2022. 
  2. ^ "Profil PPTI Malalo". Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Malalo. 23 Januari 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-05-16. Diakses tanggal 26 Januari 2022. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]