Out of This World (seri TV)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Out of This World
Format Komedi remaja
Pembuat Steven Kunes
Perancang Bob Booker
Pemeran Maureen Flannigan
Donna Pescow
Doug McClure
Joe Alaskey
Steve Burton
Christina Nigra
Burt Reynolds
(suara Troy)
Negara  Amerika Serikat
Jumlah episode 96
Produksi
Produser eksekutif Bob Booker
Durasi 25 menit
Rumah produksi Bob Booker Productions
Distributor MCA Television
Siaran
Periode siaran 17 September, 198725 Mei, 1991


Out of This World adalah TV seri bergenre komedi anak-anak yang menceritakan tentang seorang remaja perempuan setengah alien, yang menyebabkan dia memiliki kekuatan supranatural yang unik. Seri pertama disiarkan di Amerika Serikat pada tanggal 17 September 1987 sampai 25 Mei 1991.

Ringkasan Cerita[sunting | sunting sumber]

Cerita ini menceritakan seputar kehidupan Evie Ethel Garland, seorang gadis remaja yang pada ulang tahunnya yang ke-13 mengetahui bahwa ayahnya adalah alien bernama Troy dari planet Antareus, yang menikahi ibunya. Evie yang setengah alien setengah manusia memiliki kekuatan supernatural. Terlihat pada jalan ceritanya dimana niasanya Evie menyalahgunakan kekuatannya sehingga menyebabkan banyak masalah, sehingga sepanjang episode tersebut dia mencari cara untuk memperbaiki kesalahannya tersebut. Hanya Evie dan keluarganya yang mengetahui bahwa ayahnya alien, dan kekuatan yang dimiliki Evie, terlihat pada banyak episode yang menceritakan tentang bagaimana Evie berusaha menyembunyikan kekuatannya dari tokoh yang lain.

Karakter[sunting | sunting sumber]

  • Evie Ethel Garland (Maureen Flannigan) - Evie adalah gadis setengah manusia dan setengah alien yang tinggal bersama ibunya di Marlowe, California, disebuah rumah di tepi pantai. Evie adalah anak tunggal. Ibunya selalu mengatakan bahwa ayah Evie adalah seorang agen rahasia, tapi akhirnya rahasia tersebut terungkap pada hari ulnag tahun Evie yang ke-13 saat berkembangnya kemampuan supranatural Evie, bahwa ayahnya adalah E.T. dari planet Antareus. Evie bersekolah di sekolah khusus anak berbakat yang didirikan oleh ibunya, dan memiliki prestasi nilai yang baik. Ayah Evie, Troy mendeskipsikan nya sebagai "anak yang sempurna: mencintai; penyayang; dengan kebutuhan yang sama dengan hampir semua remaja lainnya". Film seri ini menceritakan kehidupan Evie sebagai seorang remaja, dimulai dari ulang tahun ke-13 Evie pada episode pertama, dan diakhiri pada Ulang tahun ke-18 Evie.
  • Donna Garland (Donna Pescow) - Ibu Evie. Menurut suaminya "dia adalah seorang ibu sekaligus wanita karier yang ambisius". Donna memiliki sekolah untuk anak-anak berbakat, termasuk Evie sebagai muridnya. Pada musim 3, Donna menjadi Walikota Marlowe. Donna sangat protektif terhadap anaknya, dan membuat Evie cemas dengan perlakuan ibunya tersebut, yang mana Evie ingin lebih bebas. Donna dan Beano paman Evie (kemudian paman Mick) adalah orang-orang yang mengetahui rahasia Evie.
  • Troy Garland (Burt Reynolds, pengisi suara) — Ayah Evie. Alien yang memiliki wujud seperti manusia dengan memiliki banyak kekuatan supernatural dari planet asalnya Antaerus. Troy bertamu dengan Donna ketika pesawat luar angkasanya jatuh kebumi pada akhir tahun 60-an awal tahun 70-an lalu mereka jatuh cinta, menikah pada tahun 1971, dan dua tahun kemudian Donna melahirkan anak perempuan yaitu Evie. Tahun 1974, Troy dipanggil untuk balik ke planet asalnya Antureus untuk berperang demi planetnya. Semenjak hal tersebut, Troy sering mengunjungi Bumi, dan tetap dapat berhubungan dengan anaknya melalui alat komunikasi spesial berbentuk "kubus kristal". Kekuatan Troy hampir tak terbatas: walaupun dia tinggal di Antureus, dia dapet mengontrol berbagai hal yang ada di Bumi (melalui komputer berhubungan dengan cuaca di bumi); dia juga dapat memberikan maupun mencabut kekuatan Evie sesukanya; dan juga mengikuti beberapa perkembangan kejadian-kejadian tertentu yang terjadi di Bumi. Walaupun Troy muncul di kredit pembuka acara ini, tapi dia hampir tidak pernah muncul dalam bentuk fisik dalam keseluruhan acara ini, kalaupun muncul, wajahnya tidak terlihat (tertutup oleh topeng atau hanya berupa bayangan saja). Troy dalam film ini memperkenalkan dirinya sebagai "himself".
  • Beano Froelich (1987–1990) (Joe Alaskey) - "Paman Beano" adalah kakak Dona, dan paman Evie, tinggal di sebelah rumah mereka. Beano memiliki selera makan yang besar dan memiliki "Klinik Diet Beano". Beano adalah salah satu dari tiga karakter di film ini yang mengetahui rahasia Evie, selain tentu saja Evie sendiri dan Donna ibunya.
  • Kyle Applegate (Doug McClure) - Kyle adalah bekas aktor Televisi yang kemudian menjabad sebagai Walikota Marlowe. Kyle sangatlah menyebalkan dan egois, dan seringkali mudah tertipu. Kyle bahkan tidak dapat menduga bahwa Evie adalah "alien" walaupun melihat tanda-tandanya. Pada akhir musim ke 3, Kyle diangkat menjadi kepala polisi oleh Donna, yang menggantikannya sebagai Walikota.
  • Lindsay Selkirk (Christina Nigra) - Sahabat baik Evie. Evie dan Lindsay sering menghabiskan waktu bersama minum milkshake di rumah makan lokal mereka, "Goodie Goodie".
  • Chris Fuller (Steve Burton) - Chris adalah seorang peselancar dan murid SMA yang kemudian akan menjadi murid di Marlowe Community Collage. Chris adalah pacar Evie, tapi pada akhir dari film seri ini, dia menjadi pacar Lindsay.
  • Mick (1990–1991) (Tom Nolan) - Mick adalah saudara Donna dan merupakan paman Evie, yang mana baru muncul pada musim ke-4 manggantikan paman Beano. Mick merupakan bekas musisi rock.
  • Buzz (Buzz Belmondo) - Buzz mengelola klinik diet paman Beano. Biasanya selalu muncul di setiap episode, dimana dia melontarkan lelucon-lelucon konyol, tetapi sedikit interaksi dengan karakter lain, biasanya lebih berbicara kepada penonton dan kamera saja. Leluconnya biasanya berhubungan dengan permainan kata-kata dan banyolan, biasa juga berhubungan dengan pakaian yang ia kenakan.

Kekuatan Evie[sunting | sunting sumber]

  • Kekuatan utama Evie adalah menghentikan waktu di Bumi (sedangkan bagi Evie dan Ayahnya di Antareus waktu tetap berjalan), dengan menggabungkan kedua jari telunjuknya, selama dia bergerak memindahkan diri maupun benda yang ingin diubah terhadap peristiwa yang seharusnya akan terjadi di Bumi. Saat dia menepukkan tangannya, waktu akan kembali berjalan seperti biasa. Dia juga bisa "mengembalikan waktu" perseorangan dengan cara menyentuhnya saat waktu terhenti. Pada saat adegan pembuka, Evie membuka pintu dan menjatuhkan kaleng cat terbuka yang terletak diatas tangga di belakang pintu tersebut, kemudian Evie menggabungkan jarinya untuk menghentikan kaleng cat tersebut agar tidak tumpah.
  • Dikemudian hari, Evie mendapatkan kekuatan Gleep, yang mana memungkinkan dia untuk memanifestasikan sebuah benda hanya dengan memikirkannya lekat-lekat. Tapi ada batasan-batasan dalam kekuatan tersebut, seperti membuat suatu mesin yang kompleks, dan bila Evie menggunakan kekuatan ini terlalu berlebihan maka kekuatannya yang lain akan menjadi tidak berfungsi.
  • Pengaruh dari ADN alien yang terdapat dalam diri Evie, wajah Evie akan berubah warna sesuai dengan perasaan yang dia rasakan. Bila sedang cemas wajahnya akan menjadi hijau, kebosanan akan mengubahnya menjadi oranye, dan bila mual maka akan timbul bintik-bintik di dahi Evie. Hal ini menyebabkan masalah pada episode "Tiga Wajah Evie".
  • Evie juga mempunyai kemampuan berteleportasi atau memindahkan dirinya ke tempat lain secara instan, dengan cara menjentikkan jarinya.
  • Dalam episode "Evie Yang Menakjubkan", Evie menemukan bahwa dirinya dapat memengaruhi binatang agar melakukan hal yang dia perintahkan dan mengejutkan ibunya dengan membuat semua anjing di lingkukan tempat tinggalnya menggonggongkan lagu "Aku ingin berdansa dengan seseorang" sambil berbaris mengitari kolam renang.
  • Toleransi suhu yang dapat ditahan oleh Evie, adalah sampai 2000 derajat Celcius, sebagaimana ditunjukan dalam episode "Delapan Belas Tahun Evie", saat Peter menyerang Evie dengan lemparan api pada saat Evie merayakan ulang tahun yang ke-18.
  • Pada episode ulang tahun ke-16 Evie, Ayahnya memberikan pilihan antara beberapa kekuatan baru sebagai hadiah. Yang manapun pada akhirnya terbukti terlalu berat untuk ditanggung oleh Evie (seperti "menatap mata seseorang dan menyuruh mereka untuk melakukan sesuatu sambil memikirkan kata patuh, dan mereka harus mematuhinya"); pada akhirnya Evie memilih kekuatan untuk "mengganti sepatu dengan cepat".