Muntaqal Akhbar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Nailul Authar)
Kabar yang Telah Dipilah
Sampul kitab terjemahan ringkasan Nailul Authar syarh Muntaqal Akhbar
PengarangMajdudin bin Taimiyyah
Judul asliMuntaqa al-Akhbar
BahasaBahasa Arab
SubjekHadis, Fikih
Tanggal terbit
circa 600-an H (1200-an M)
Diikuti olehNailul Authar, Bustanul Akhbar 

Muntaqa al-Akhbar atau Al-Muntaqa adalah kitab himpunan hadis hukum yang dihimpun oleh Majduddin bin Taimiyyah Al-Harrani (590 H - 652 H) yaitu kakek dari Ibnu Taimiyah. Kitab ini terdiri dari 5029 hadis, yang kemudian diuraikan oleh Imam Asy-Syaukani menjadi beberapa juz kitab penjelasan yang diberi judul Nailul Authar.[1]

Nailul Authar[sunting | sunting sumber]

Nailul Authar atau lengkapnya Nail al-Authar syarh Muntaqa al-Akhbar adalah kitab fikih yang disusun oleh Imam Syaukani (1172 H - 1250 H) sebagai kitab penjelasan dan uraian atas kitab Al-Muntaqa tersebut. Nailul Authar merupakan salah satu standar rujukan (maraaji’) bagi para penuntut ilmu syar'i (thalabul ilmi). Karakteristik kitab ini adalah dengan mengembalikan persoalan-persoalan yang dihadapi oleh masyarakat dengan mengacu kepada dalil ilmiah berdasarkan hadis-hadis yang shahih. Isinya memuat hadis-hadis hukum yang dihimpun dari berbagai kitab hadis seperti Shahih Al-Bukhari, Shahih Muslim, Musnad Ahmad, Jami' at-Tirmidzi, Sunan an-Nasa'i, Sunan Abi Daud, dan Sunan Ibnu Majah juga kitab-kitab hadis lainnya.

Syekh Ibnu Malik ketika mengulas buku Muntaqa al-Akhbar karya Syekh al-Majd menyatakan: "Hukum fikih telah dilunakkan untuk Syekh al-Majd sebagaimana dilunakkannya besi untuk Dawud."[1] Dimasa ini kitab ini tersedia diantaranya dengan tahqiq oleh Muhammad Shubhi bin Hasan Halaaq. Juga terdapat pula ringkasan berjudul Bustanul Akhbar Mukhtashar Nail al-Authar yang disusun oleh Faishal bin Abdul Aziz Alu Mubarak.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]