Museum Seni Kontemporer Australia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Museum of Contemporary Art, Sydney
Pintu masuk di Circular Quay

Museum of Contemporary Art (disingkat MCA) di Sydney, Australia adalah sebuah museum Australia yang ditujukan untuk memamerkan, menerjemahkan dan mengumpulkan seni kontemporer, dari Australia dan seluruh dunia. Ditempatkan di bekas Maritime Services Board Building bergaya art deco di tepi timur Circular Quay, MCA adalah salah satu bangunan budaya termuda di kota terbesar Australia ini.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

MCA didirikan untuk memenuhi aspek museum tentang visi seniman ekspatriat Australia, John Power (1881-1943), yang mewariskan kekayaan pribadinya pada University of Sydney untuk menginformasikan dan mendidik warga Australia dalam seni visual kontemporer.

Dengan relokasi Maritime Services Board (MSB) ke tempat lebih besar tahun 1989, bekas gedung MSB diberikan Pemerintah Negara Bagian NSW pada Museum of Contemporary Art. Didanai University of Sydney dan warisan Power, perbaikan dan pembaruan bangunan dijalankan pada 1990 atas arahan Andrew Anderson dari Peddle Thorpe/John Holland Interiors dan pada November 1991, Museum of Contemporary Art secara resmi dibuka.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]