Muffin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Muffin atau Mafin merupakan kue panggang yang biasanya berukuran kecil satu kali makan. Ada dua gaya kue muffin merujuk pada bentuk dan penampilan yang berbeda, yakni muffin Inggris dan muffin Amerika.

Muffin Inggris[sunting | sunting sumber]

Di Inggris pada zaman Victoria, kue ini banyak dijual oleh pedagang keliling dengan diletakkan di nampan di atas kepala. English Muffin merupakan sejenis makanan tradisional berbentuk gulungan, bundar dan tipis. Bahan dasarnya terbuat dari adonan roti yang diberi ragi. Kue manis ini biasanya dinikmati saat musim dingin dan disajikan bersama minuman hangat seperti teh atau kopi.

Cara makan muffin Inggris ini harus disobek lalu diberi olesan mentega kemudian dipanggang lagi. Agar cita rasanya lebih bervariasi, permukaannya diolesi dengan selai buah buatan sendiri.

Muffin Amerika[sunting | sunting sumber]

Muffin khas Amerika

Amerika juga punya kue muffin, tetapi bahan pengembangnya menggunakan baking powder dan telur, bukan ragi.[1] Muffin jenis ini lebih mirip cupcake atau shortbread[2] dengan proses pembuatan yang lebih singkat. Muffin Amerika biasanya dibentuk dalam cetakan muffin khusus (muffin pan) di mana saat adonan mulai mengembang akan memunculkan puncak yang merekah.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Blueberry Muffins Recipe". Recipecious (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-07. 
  2. ^ "Muffins | Baking Processes". BAKERpedia (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-08-26. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Recipe

Brands