Pengindukan (audio)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Mastering)
Pita magnetik umumnya digunakan untuk membuat salinan induk (master).

Pengindukan (Inggris: mastering), sejenis pascaproduksi audio, adalah proses produksi tahap akhir yang menyiapkan dan memindahkan rekaman audio dari sumber yang berisi campuran akhir audio ke peranti penyimpanan data (disebutnya induk (master)); sumber dari semua salinan yang akan diproduksi (lewat metode penekanan, perangkapan, atau replikasi). Beberapa tahun terakhir ini induk digital telah menjadi umum, walaupun induk analog, seperti kaset audio, masih digunakan industri manufaktur, terutama oleh beberapa rekayasawan yang ahli dalam pengindukan analog (analog mastering).

Pengindukan memerlukan pendengaran tajam. Namun, perangkat lunak juga ada untuk mempermudah proses tersebut. Hasilnya tergantung dari niat rekayasawan, kemahiran rekayasawan, ketepatan monitor penyuara, dan lingkungan untuk dengar. Rekayasawan pengindukan sering menerapkan pemerataan dan pemampatan rentang dinamis untuk mengoptimalkan terjemahan suara di semua sistem pemutaran.[1] Sudah menjadi praktik umum membuat salinan rekaman induk bernama safety copy (salinan jaga-jaga) jika nanti induknya hilang, rusak, atau dicuri.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Blair Jackson (1 Mei 2006). "Issues in Modern Mastering". Mix Magazine. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 Mei 2007.